• Assalamualaikum
    Selamat malam dok, saya indah 21 tahun
    Saya sering flu sudah tahunan, lalu 1 tahun yang lalu baru saya periksakan. Setelah CT-Scan hasilnya sinusitis sebelah kiri. Saya d anjurkan operasi atau fisioterapi. Namun saya tidak melakukan keduanya
    Saya setiap saat selalu merasakan sakit kepala dok. Pernah juga sampai telinga saya berdarah dan sakit sampai saya Nangis karna tidak kuat. Terkadang untuk nafas itu seperti asma. Susah, tidak nyaman. Mata sebelah kiri saya penglihatannya berkurang. Dan setiap flu parah, sebelumnya bagian mata selalu gatal dok. 2 minggu yang lalu saya perjalanan agak jauh. Dah ssepulangnya di jalan kepala saya sakit banget. Jika ada jalan berlubang kepala saya terasa sangat sakit dok. Lalu besok paginya saya flu. Pas saya sisikan ingusnya ada gumpalan darah lumayan banyak. Apa yang harus saya lakukan dok..
    Terima kasih
    Wassalamualaikum

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sinusitis atau infeksi pada rongga sinus bisa menyebabkan beberapa keluhan antara lain: nyeri kepala, nyeri di belakang mata, nyeri di dahi (jika yang terkena sinus frontalis), nyeri di pipi (jika yang terkena sinus maksilaris), nyeri di bagian belakang hidung ( jika yang terkena sinus ethmoidalis dan sphenoidalis), hidung tersumbat, adanya cairan atau sekret yang menumpuk di saluran napas, serta keluhan lainnya.

    Jika berdasarkan hasil pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang misalnya dengan foto rontgen waters atau pun juga CT scan diketahui adanya sinusitis maka ada beberapa terapi yang bisa dilakukan berdasarkan tingkat berat ringannya sinusitis. Jika cairan sudah menumpuk dan memenuhi lebih dari setengah rongga sinus atau bahkan telah menimbulkan komplikasi maka terapi yang paling baik memang dengan tindakan operatif untuk membersihkan cairan yang menumpuk tersebut.

    Jika memang anda sudah merasakan banyak keluhan sebaiknya segera diperiksakan kembali ke dokter agar mendapat penanganan yang paling tepat. Silakan anda berkonsultasi kembali dengan dokter spesialis THT di daerah anda untuk mengkonsultasikan tindakan yang paling tepat. Jika sudah diputuskan, maka sebaiknya anda mengikuti anjuran dokter dan jangan menunda – nunda kembali agar tidak menambah komplikasi yang bisa muncul.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sinusitis dengan Gumpalan Darah pada Ingus

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.