• Sore dok. Saya mau nanya, saya dulu pernah di diagnosa mempunyai sinusitis di daerah pipi dan ada adenoid yang sedikit menghalangi pernafasan saya. Saya mau tanya, ketika sinusitis saya kambuh itu terasa sakit sekali, dengan tenggorokan yang perih serta gatal dan kuping yang sakit serta pendengaran saya berkurang, dengan mata yang berair. Kadang saat malam hari saya tidak bisa bernafas karena lendir yang menyumbat hidung saya. Apakah ini perlu di operasi atau tidak dok?

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sinusitis atau radang pada rongga sinus bisa terjadi pada sinus maksilaris, ethmoidalis, sphenoidalis atau sinus frontalis. Keluhannya hampir sama, yang membedakan adalah letak rasa nyeri yang timbul tergantung sinus yang terkena. Secara umum berikut akan dijelaskan beberapa gejala klinis dari sinusitis yaitu antara lain:

    • Nyeri di wajah, misalnya di daerah pipi (maksilaris), dahi (frontalis) atau di belakang hidung dan mata (sinus ethmoidalis dan sphenoidalis).
    • Keluar sekret atau ingus
    • Sakit kepala
    • Dan masih banyak lagi

    Tidak semua sinusitis perlu diterapi dengan tindakan pembedahan. Perlu dilakukan pemeriksaan penunjang untuk melihat sejauh mana ingus menyumbat dan menumpuk di rongga sinus. Jika penumpukan sekret sangat banyak dan juga keluhan sering berulang maka perlu dilakukan tindakan pembedahan. Namun jika tidak, maka cukup diterapi dengan obat – obatan saja.

    Untuk memastikan Tatalaksana yang tepat dari keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Tidak bisa memastikan tatalaksana terbaik untuk anda jika hanya berdasarkan informasi singkat di forum ini saja. Oleh karena itu silakan periksakan diri ke spesialis THT di daerah anda.

    Silakan anda baca artikel berikut:

    Sinusitis dan Ingus Berdarah, Haruskah Operasi ?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sinusitis di Daerah Pipi, Perlulah Operasi?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.