• dok,saya sudah sekita sebulan mengalami scabies. akibatnya kulit saya jd kering,lecet lecet dan sangat mengganggu aktifitas. minggu (13 nov 2016) saya sudah oleskan salep scabimite seluruh badan,tp tidak ada perubahan,tetap tumbuh merah2 berisi air,saya jg sudah mandi belerang,selalu pakai antiseptic. lalu minggu ini (20 nov 2016) saya pakai lagi salep scabimite,dan masih sama juga,masih gatal dan ada yang tumbuh. bagaimana solusinya dok,apakah ada obat/salep lain lagi yang lebih manjur?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Skabies merupakan penyakit akibat infeksi parasit Sarcoptes scabei. Penyakit ini merupakan penyakit menular, biasa menyerang seluruh anggota keluarga yang tinggal serumah atau berada pada satu lingkungan misalnya di asrama, dan lain sebagainya. Penyakit ini tidak bisa sembuh sendiri melainkan harus diobati hingga tuntas. Cara penggunaan obat skabies pun harus benar agar efektifitas bisa didapatkan dengan baik. Penggunaan obat scabimit atau obat yang mengandung permetrin 5 persen merupakan salah satu pengobatan yang paling efektif namun perlu diingat penggunaan krim ini harus digunakan selama 8 hingga 10 jam nonstop. Jika kurang dari itu maka parasit belum hilang sepenuhnya. Selain itu perlu diperhatikan juga penyebaran pada anggota keluarga lainnya karena mereka pun harus diobati sekaligus secara bersamaan. Hal ini bertujuan untuk memutus mata rantai penularan yang terus menerus. Selain itu semua pakaian, seprai, dan handuk yang digunakan sebelum memulai pengobatan harus dicuci bersih dengan menggunakan air panas. Tempat tidur/ kasur, sofa, dan lainnya jemur dengan panas matahari.
    Jika keluhan berlanjut maka sebaiknya anda memeriksakan kembali ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda dan mendapat terapi yang sesuai.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengenal Penyakit Scabies (Kudis, Gudik) dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Skabies Tak Kunjung Sembuh, Apa Solusinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.