• Bismilah…
    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Pagi Dokter, saya mau tanya
    Dok, saya memang sudah lama tidak menstruasi semenjak saya menikah karna ada hal karna saya menunda kehamilan.
    bulan lalu saya mencoba utk meminum Pil KB, dan pertama saya meminum’a itu yg bukan utk menstruasi, lalu besok saya ngga meminum’a lagi selama 2hari, setelah itu saya meminum lg yg utk menstruasi setiap hari setiap mau tidur malam, dan Alhamdulilah minum yg ke3x nya, malam’a saya langsung menstruasi Tgl 17 Februari selama 5 hari, lalu bulan yg sekarang saya mengeluarkan darah, entah darah apa, seperti tangan terkena pisau, seperti itu, td saat mau sholat subuh,, kira2 darah apa itu dokter?? menstruasi atau bukan?? klo menstruasi, kx saya sedikit, lalu kx datang bulan saya lebih cepat ya dok? gimana solusi’a dok?

    TerimaKasih
    Wasalam…

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penggunaan KB hormonal memang memiliki efek berupa gangguan haid meskipun yang dikonsumsi adalah KB pil yang sengaja diminum untuk memperbaiki pola menstruasi. Penggunaan KB ini harus sesuai dengan aturan terutama saat minum pil yang digunakan saat tidak mens. Sementara pil yang dijadwalkan diminum saat menstruasi merupakan plasebo artinya tidak ada kandungan hormon di dalamnya, pil ini bisa ditiadakan atau tak perlu diminum. Jika pil KB tidak diminum sesuai aturan kadang malah akan mengganggu keseimbangan hormonal yang terjadi.

    Darah yang keluar dari kemaluan bisa saja akibat menstruasi. Apalagi bulan ini anda belum mengalami menstruasi. Menstruasi normal berlangsung selama 3 hingga 7 hari dengan darah yang keluar berkisar 40 hingga 60 ml per hari. Jika lebih sedikit darah yang keluar bisa saja karena gangguan hormonal yang terjadi karena satu dan lain hal. Anda tak perlu terlalu khawatir terlebih dahulu, cukup mengobservasi perdarahan yang keluar. Perbaiki cara minum pil KB anda, makan makanan yang bergizi, istirahat cukup serta rilekskan pikiran.

    Darah yang keluar dari kemaluan juga bisa saja terjadi pada awal – awal kehamilan. Namun untuk memastikan kehamilan perlu dilakukan pemeriksaan lebih detail. Yang paling sederhana adalah dengan menggunakan test pack namun jika ingin lebih akurat bisa dilakukan pemeriksaan USG. Silakan diperiksakan ke dokter jika keluhan berlanjut. Harus dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang secara langsung oleh dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

    Terima Kasih Dokter… :-)

Beranda Tanya Dokter Soal Menstruasi Lebih Cepat dan Kehamilan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.