• Dok, kan saya punya keloid di leher saya pernah mengobatinya dengan cara di suntik tapi belum sembuh jg. Dan bener ga dok klau jelly gamat gold bisa menghilangkan kloid?

    Selamat Siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keloid merupakan skar atau jaringan parut yang pertumbuhannya berlebihan. Saat kulit terluka, jaringan fibrosa akan tumbuh di atas luka tersebut dan berperan untuk memperbaiki dan melindungi area yang luka. Pada beberapa kasus, pertumbuhan jaringan fibrosa ini berlebihan sehingga menyebabkan keloid. Keloid bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, misal wajah, dada, punggung dsb. Ukuran keloid sering kali lebih besar daripada luka yang muncul sebelumnya. Keloid sebenarnya tidak berbahaya namun hanya mengganggu secara kosmetik saja. Oleh karena itu membuat pasien sangat ingin untuk menghilangkannya.

    Ada beberapa upaya untuk menghilangkan keloid namun yang paling sering antara lain:

    1. Injeksi (suntik) kortikosteroid untuk mengurangi inflamasi atau peradangan
    2. Laser untuk mengurangi jaringan parutnya

    Injeksi kortikosteroid sejauh ini termasuk pengobatan keloid non invasif yang paling baik hasilnya. Namun memang tidak bisa hanya sekali dilakukan. Penyuntikan obat kortikosteroid harus dilakukan berulang hingga jaringan parut yang menonjol berangsur – angsur menjadi berkurang dan rata kembali. Oleh karena itu ada baiknya anda kontrol ulang ke dokter sehingga dapat dilanjutkan penyuntikan keloidnya. Pemberian obat minum (misal yang mengandung kolagen, timun laut dan sebagainya) ataupun krim sampai saat ini belum terbukti dapat digunakan untuk mengurangi keloid.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Solusi Keloid yang Tak Mempan Disuntik

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.