• Dok saya mau bertanya.

    Penyakit sinus sya ini sudah hampir  7 tahun, setiap saya bangun tidur pasti mengeluarkan ingus, bersin bersin, serta mata ikut merah mengeluarkankan air mata.

    Ingusnya juga kadang bercampur warna kemerahan dok. terus terkadang kepala ikut pusing.

    Bagaimana dok cara pengobatannya? Apa yg harus saya lakukan?

    Selamat Pagi majid, Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    Sebelumnya saya ingin bertanya apakah anda pernah memeriksakan kondisi Anda tersebut ke dokter? Apakah dokter mengatakan bahwa itu sinusitis? Karena hal ini sangat penting untuk diketahui guna mendapatkan penanganan ataupun pengelolaan yang baik.

    Sinusitis ditandai dengan gejala gejala berupa rasa nyeri pada tulang wajah sekitar hidung, dan dahi, pada saat bangun tidur sering kali adanya ingus yang mengalir dari hidung bagian dalam ke tenggorokan, sehingga Anda akan merasakan sensasi lendir yang terasa asin di tenggorokan.

    Adapun sinusitis ini bisa disebabkan oleh kondisi alergi atau rhinitis alergika yang gejalanya ditandai dengan bersin-bersin, hidung mengeluarkan ingus, mata merah dan pedih serta berair, dan paling sering muncul pada pagi hari ketika terpapar dingin atau ketika terpapar Debu. Hal ini sangat mirip dengan keluhan-keluhan yang anda sampaikan.

    Pada kondisi alergi seperti di atas, maka cara yang paling tepat untuk diterapkan adalah menghindari setiap penyebab ataupun pencetus terjadinya gejala-gejala tersebut seperti mengkondisikan suhu ruangan agar hangat dan nyaman, menghindari paparan debu, dan menghindari Suasana dingin misalnya disiasati dengan mandi air hangat di pagi hari. Obat-obatan untuk menekan alergi mungkin juga diperlukan namun harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

    Jika memang benar kondisi yang anda alami adalah sinusitis maka solusi terbaik adalah memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu. Setelah memeriksa, dokter akan dapat menentukan apakah Anda memerlukan tindakan operasi atau cukup dengan menggunakan obat-obatan yang diresepkan.

    Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Pengobatan Sinusitis Berkepanjangan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.