• Selamat Siang Dok,,

    Saya ibu rumah tangga usia 24 tahun dan saat ini sedang hamil 4 bulan, namun sejak sekolah saya sudah memiliki penyakit ambeien, saya khawatir karena mendapat kabar dari teman, jika memiliki penyakit ambeien sedikit kemungkinan untuk melahirkan secara normal,

    Saya menderita ambeien saat kelas 3 SMP, sejak saat itu, ambeien saya tidak pernah menyusut bahkan sekarang makin membesar, jika sudah buang air besar maka ambeien semua keluar namun jika sedang tidak kambuh, saya tidak merasakan sakit, setelah buang air, saya harus memasukan , maaf, anus oleh tangan saya, karna sulit untuk masuk dengan sendirinya, saya belum melakukan pengobatan secara rutin untuk mengobatinya, hanya pada saat kambuh saja saya mengkonsumsi obat untuk ambeien.

    mohon solusinya untuk penyakit saya dok, karena saya ingin proses persalinan dilakukan secara normal, Terima kasih dok..

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Hemorrhoid merupakan istilah kedokteran dari ambeien atau wasir. Penyakit ini seringkali menjadi keluhan yang dialami oleh beberapa individu. Gangguan yang muncul karena ambeien bisa berupa  BAB berdarah berwarna merah, hingga keluarnya benjolan dari dalam anus. Benjolan ini merupakan pembuluh darah yang melebar. Pada tahap awal, keluhan yang muncul hanya berupa buang air besar berdarah saja namun semakin memberat keluhan maka akan muncul benjolan yang awalnya bisa masuk dengan spontan lama kelamaan harus dimasukkan ke dalam anus dengan bantuan tangan. Pada tahap akhir bahkan benjolan tidak bisa dimasukkan sama sekali. Penyebab keluhan ini beraneka ragam. Ada beberapa kebiasaan yang meningkatkan risiko munculnya keluhan ini yaitu mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, duduk terlalu lama dan masih banyak lagi.

    Hemorohoid pada tahap awal masih bisa diatasi dengan bantuan obat – obatan. Namun jika benjolan tidak bisa masuk kembali dengan spontan maka terapi terbaik dengan melakukan tindakan operatif. Sebenarnya ambeien tidak menyebabkan seseorang tidak bisa melahirkan normal. Namun memang saat melahirkan normal akan terjadi proses mengejan yang dapat membuat benjolan pada ambeien semakin muncul. Untuk memastikan tindakan terbaik pada kasus anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Ambeien Saat Hamil, Harus Bagaimana?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Solusi untuk Penyakit Ambeien

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.