• saat saya berbicara 1-4 kalimat sekali bicara(pembicaraan yang pendek), suara saya normal,tapi saat saya berbicara yang panjang misal saat mendeskripsikan sesuatu maka suara saya yang awalnya normal menjadi agak berat, napas agak sesak,suara mulai bergetar dan kalau diteruskan bicara maka suara yang keluar seperti orang yang menangis. Hal ini terjadi juga saat saya sedang membaca dengan suara keras di kamar yang tidak ada orang lain. Membaca 1- 2 paragrap masih normal kesananya suara saya bergetar lagi?saya kenapa?harus konsultasi kemana?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Setiap orang bisa memiliki resiko terkena masalah pada suara, apalagi pada individu yang menggunakan suara dalam jangka waktu yang lama. Individu dengan pekerjaan yang menggunakan pita suara sebagai modal utama seperti penyanyi, penceramah, dan guru memiliki resiko yang tinggi untuk terkena masalah di suara. Faktor usia (penuaan) juga dapat membebani pita suara.

    Seseorang yang sering berteriak dan berbicara terlampau keras, juga memiliki risiko yang tinggi mengalami ganguan suara berupa suara serak. Para perokok,  pasien yang menjalani operasi pengangkatan tumor tiroid juga mengalami resiko terjadinya gangguan pada pita suara.

    Pada kasus anda dimana setelah berbicara beberapa saat atau membaca dengan suara keras membuat suara menjadi serak sebenarnya merupakan hal normal. Namun jika keluhan tersebut sangat mengganggu sehingga membuat anda susah untuk mengeluarkan suara dan berbicara normal serta jika ada keluhan lain yang menyertai misalnya demam, meriang, panas dingin, nyeri menelan, batuk pilek dan lain sebagainya maka ada baiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda serta seberapa jauh penyakit tersebut terjadi. Hal ini penting untuk menegakkan diagnosis dan memperoleh terapi yang tepat sesuai dengan penyebab. Silakan anda konsultasi langsung ke dokter (terutama spesialis THT) di daerah anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Suara Bergetar Saat Berbicara

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.