• Dok, saya ingin bertanya. Kenapa akhir2 ini saya jarang bisa tidur nyenyak & nafsu makan berkurang?? Jam tidur saya dalam sehari hanya 4 jam dok. Mohon sarannya dok. Terimakasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gangguan tidur bisa dialami siapa saja dan keluhannya berbeda – beda. Salah satu keluhan gangguan tidur yang sering muncul adalah berupa keluhan sulit tidur (insomnia). Berdasarkan definisinya, insomnia merupakan suatu keadaan dimana seorang individu mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak bisa tidur dalam waktu yang cukup lama sesuai dengan waktu yang dibutuhkan tubuh. Hal ini tetap terjadi walaupun individu tersebut memiliki kesempatan untuk melakukannya. Gejala yang muncul akibat insomnia berupa kesulitan untuk masuk dalam fase tidur atau sering terbangun di malam hari. Keluhan ini sering mengakibatkan adanya keluhan tambahan sebagai dampak dari keluhan utamanya. Gejala tambahan ini berupa suasana hati yang mudah berubah, sulit berkonsentrasi di siang hari, dan kerap merasa kelelahan.

    Penyebab insomnia antara lain karena faktor gaya hidup yang tidak terbiasa tidur di malam hari, gangguan psikologi yang dialami oleh individu, gangguan kesehatan fisik, kamar tidur yang kurang nyaman atau bisa juga karena efek samping obat-obatan.  Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Pengobatan yang dilakukan pada kondisi ini disesuaikan dengan kondisi dasar yang menyebabkannya.

    Silakan anda baca artikel berikut ini:

    Durasi dan Waktu Tidur yang Baik untuk Kesehatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Sulit Tidur yang Saya Alami?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.