• Sore dok,jika keseringan suntik kb apakah bisa menghambat jadinya janin,sdangkan istri saya sudah 2 thn yg lalu disuntiknya.tapi saya belum periksa ke dokter.tks

    Selamat pagi, terimakasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter gratis di mediskus.com

    Suntik KB adalah salah satu metode kontrasepsi (mencegah kehamilan) dengan cara menyuntikkan hormon wanita untuk memanipulasi agar tidak terjadi ovulasi. Ovulasi adalah keluarnya sel telur dari indung telur ke dalam rahim, jika sel teluer bertemu dengan sel jantan (sperma) maka bisa terjadi pembuahan dan kehamilan.

    Ketika seorang wanita menggunakan KB Suntik, sudah tentu kesuburannya telah diubah oleh hormon yang disuntikkannya itu, namun kesuburan akan kembali lagi ketika suntik KB tidak digunakan lagi, alias berhenti.

    Kesuburan akan kembali legi dalam waktu yang berbeda-beda setiap wanita, hal ini juga dipengaruhi oleh lama tidaknya menggunakan metode kb suntik tersebut. Semakin lama menggunakannya, maka akan semakin lama kesuburan kembali. Sebagai patokan, rata-rata kesuburan akan kembali normal setelah 6 bulan menghentikan KB Suntik.

    Jadi, apabila Anda merencanakan untuk mempunyai momongan, maka berhentilah menggunakan KB Suntik 6 bulan sebelum waktu perencanaan kehamilan.

    Setelah berhenti KB, dianjurkan juga untuk mengonsumsi asam folat, guna mempercepat kembalinya kesuburan dan ini sangat diperlukan untuk kesehatan ibu dan terutama janin nantinya.

    Sekian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.

Beranda Tanya Dokter Suntik KB Mengganggu Kesuburan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.