• dok, saya mau tanya.

    Dianus saya ada benjolan kecil tapi tidaak sakit sama sekali dan saya juga agak susah buang air besar, itu kenapa ya dok ?

    Solusinya apa ? Saya takut dan bingung sekali dok, trimakasih dok .

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan adanya benjolan pada anus yang anda alami kemungkinan akibat hemoroid atau ambeien. Hemorhoid merupakan pelebaran pembuluh darah sekitar anus akibat beberapa faktor pencetus salah satunya akibat kesulitan buang air besar (BAB), mengejan terlalu kuat saat BAB, kehamilan dan masih banyak lagi.

    Keluhan susah BAB atau konstipasi bisa disebabkan banyak hal antara lain karena kebiasaan menahan defekasi atau BAB terlalu lama. Hal ini mengakibatkan tinja makin lama makin menumpuk dan mengeras di dalam usus sehingga menjadi sulit untuk dikeluarkan.  Kurangnya asupan cairan serta konsumsi makanan yang kurang mengandung serat juga menjadi faktor resiko susah BAB.

    Ada  beberapa langkah yang perlu anda lakukan yaitu upayakan untuk menjaga asupan makanan dengan memperbanyak konsumsi makanan mengandung tinggi serat, perbanyak cairan atau minum air putih, dan hindari kebiasaan menahan BAB. Hemorhoid bisa diberikan obat untuk mengecilkan pembuluh darah yang melebar. Namun pada kasus tertentu dimana obat – obatan tidak berefek lagi, maka perlu dilakukan tindakan pembedahan.

    Oleh karena itu silakan konsultasi langsung ke dokter untuk memastikan diagnosis yang anda alami dengan melakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan. Penentuan diagnosis yang tepat akan membantu menentukan terapi yang paling sesuai dengan kondisi anda.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Susah BAB dan Ada Benjolan Tapi Tidak Sakit

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.