• Saya mau tanya, kenapa ya kalau saya minun ulu hati saya sakit, sampai-sampai pernah kejadian ngga bisa buat nafas. Sekarang buat bicara susah, kerasa ada ngeganjel di tenggorokkan. Mohon jawabannya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Rasa nyeri di ulu hati saat anda minum bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain karena terlalu banyaknya jumlah air yang dikonsumsi sekaligus dalam satu waktu sehingga membuat air langsung menumpuk di lambung sebelum di alirkan ke saluran cerna selanjutnya. Oleh karena itu tekanan dalam lambung akan meningkat sehingga terasa menekan bagian ulu hati yang dirasakan sebagai rasa nyeri di ulu hati. Dampak yang lebih lanjut dari tekanan yang meningkat secara tiba – tiba itu dapat menyebabkan air minum kembali lagi ke kerongkongan dan kemudian dapat timbul refleks muntah.┬áSelain itu nyeri ulu hati bisa juga disebabkan karena asam lambung yang meningkat misalnya karena faktor terlambat makan, stress, makan makanan yang mengiritasi lambung dan lain sebagainya. Masih banyak kemungkinan penyebab lainnya.

     

    Rasa mengganjal di tenggorok juga bisa disebabkan oleh beberapa hal antara lain karena amandel atau tonsil yang membesar karena peradangan dan infeksi, selain itu bisa juga karena adanya striktur atau penyempitan, adanya massa lain yang mengganjal, karena faktor psikosomatis dan lain sebagainya. Untuk memastikan kemungkinan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail.

    Silakan baca artikel berikut yang mungkin terkait keluhan anda:

    9 Penyebab Nyeri Ulu Hati dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kenapa Sakit Ulu Hati Setelah Minum?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.