• Dokter orthoo mau tanya..  kalau tambalan gigi sementara standarnya tahan berapa lama ya?  terimakasih,  note : belum bisa tambal permanen karena harus perawatan syaraf gigi

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gigi berlubang dalam istilah kedokteran disebut sebagai karies dentis. Lubang bisa terjadi pada gigi depan maupun belakang. Penyebabnya beraneka ragam salah satunya karena kebersihan gigi yang kurang terjaga. Ada beberapa upaya untuk mengatasi gigi berlubang salah satunya dengan melakukan penambalan. Penambalan ada yang bersifat permanen dan ada yang bersifat sementara. Bila gigi muncul keluhan nyeri saat terstimulus oleh makanan maka biasanya gigi bisa langsung ditambal. Namun jika rasa nyeri sering tiba – tiba muncul secara spontan tanpa ada stimulus tertentu maka perlu dilakukan perawatan akar gigi terlebih dahulu baru dilakukan perbaikan mahkota gigi.

    Pada kasus yang anda alami dimana perlu dilakukan perawatan akar yang butuh beberapa kali kunjungan, maka perlu dilakukan penambalan sementara untuk menjaga sterilitasnya. Bahan yang digunakan untuk tambalan sementara memang dirancang tidak untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama, bukan seperti tambalan permanen yang biasa digunakan. Tambalan sementara hanya digunakan antar kunjungan saja yakni bila perawatan tidak dapat diselesaikan dalam satu kali kunjungan. Tujuannya agar tambalan ini mudah untuk dibongkar pada kunjungan berikutnya untuk meneruskan pekerjaan yang belum selesai di kunjungan sebelumnya. Oleh karena itu kekerasan dari tambalan ini jauh dibawah bahan tambal permanen. Dengan demikian tidak ada batas waktu berapa lama tambalan ini bisa bertahan, karena mudahnya tergerus saat pemakaian mengingat fungsinya hanya untuk menutup sementara saja hingga perawatan gigi selesai dilakukan dan gigi siap dipasang mahkota baru.

    Silakan anda konsultasi secara langsung dengan dokter yang menangani anda agar mendapat penjelasan secara lebih detail sesuai kondisi anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tambalan Gigi Tahan Berapa Lama?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.