• assalamualaikum, nama saya arif Kurniawan umur 23 tahun. 5 bulan yang lalu saya mengalami kecelakaan, tulang lengan bawah dan clavicula patah dan dilakukan pemasangan pen. Selama 5 bulan ini tangan kanan saya masih belum bisa bergerak sama sekali, hanya jari jari saja yang bisa bergerak dan belum sempurna juga. Tangan juga masih mati rasa/baal dan jari2 kesemutan terus.

    Dalam 5 bulan ini selalu fisioterapi teratur. Hasil ronsen terakhir kata dokter hasilnya bagus tapi blm sempurna, dan juga ada pengeroposan di lengan bawah dekat pen yg di pasang, kata dokter itu karna tangan blm bisa gerak jadi ada pengeroposan. Saran dokter masih harus fisioterapi terus, juga disarankan untuk cek EMG, tp blm saya lakukan karna alat di rumah sakit sedang rusak. Dan kata dokter kalau ada saraf yg putus harus dilakukan operasi lagi. Mohon sarannya apa yg harus dilakukan, dan apakah tangan saya bisa bergerak lagi setelah operasi. Dan kata dokter operasi nya bisa dilakukan setelah pen di lepas. Tapi saya takut pengeroposan tulang nya semakin banyak jika tidak dilakukan tindakan secepatnya. Terimakasih sebelum nya atas saran dan masukannya.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Osteoporosis merupakan suatu keadaan pengeroposan tulang atau kepadatan tulang yang mengalami penurunan dan menjadi retak. Penyebabnya ada banyak hal mulai dari gangguan hormonal, kekurangan asupan kalsium, adanya malabsorpsi, genetik dan masih banyak lagi. Osteoporosis bisa menyebabkan proses penyembuhan tulang pasca patah tulang menjadi lebih lama dan tulang lebih rentan untuk retak. Ada beberapa upaya untuk mengatasi dan mencegah osteoporosis berlanjut antara lain pengobatan non hormonal dengan pemberian asupan kalsium dan suplemen vitamin D,  hingga terapi penggantian hormon.

    Ada baiknya anda terus berkonsultasi dengan dokter yang merawat anda dan melanjutkan program rehabilitasi medik yang sedang anda lakukan. Untuk memastikan bagaimana progres perbaikan kondisi anda tergantung dari hasil pemeriksaan yang anda lakukan. Jika memang ada saraf yang bermasalah dan harus dilakukan tindakan operatif, maka jika tidak ada penyulit selama tindakan operasi dilakukan maka hasilnya akan baik dan fungsi dari anggota gerak tersebut akan pulih kembali meskipun harus tetap dilakukan tindakan rehabilitasi medik guna memulihkan kondisi anggota gerak tersebut.

    Untuk mendapatkan penjelasan yang lebih tepat dan detail tentang kondisi anda ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter yang menangani anda karena tentu tim dokter tersebut yang lebih tahu tentang kondisi anda berdasarkan hasil pemeriksaan dan tatalaksana yang mereka lakukan.

    Silakan anda baca link berikut:

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Penyembuhan Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tangan Belum Bisa Bergerak Setelah Operasi Pasang Pen

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.