• Malam dok…

    Dok mengapa tangan teman saya gampang sekali bengkok(patah) bagaimana cara menguatkan tulang teman saya itu dok?.

    Terimakasih Dok

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya. Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab patah tulang, yaitu antara lain:

    1. Trauma merupakan penyebab fraktur paling sering. Trauma bisa berupa trauma langsung ataupun trauma tidak langsung. Contoh trauma antara lain karena benturan keras pada tulang misalnya saat pasien mengalami kecelakaan lalu lintas, terjatuh dari ketinggian, tekanan kuat yang berulang misal pada seorang pelari yang melakukan kegiatan tersebut berulang – ulang bisa terjadi fraktur stress pada area yang mengalami tekanan berulang contohnya pada pergelangan kaki, tulang kering dsb.
    2. Fraktur patologis akibat adanya penyakit lain yang mendasarinya, misal osteoporosis (tulang keropos), tumor yang menyerang tulang, infeksi tulang dsb.
    3. Usia tua menjadi faktor resiko terjadinya fraktur.
    4. Penyebab lain

    Harus dipastikan apakah penyebab seringnya keluhan patah tulang dialami oleh teman anda, apakah karena tulang yang keropos, infeksi,trauma berulang dan sebagainya. Jika karena benturan keras yang sering terjadi maka sebenarnya hal ini sangat wajar terjadi, sehingga perlu penghindaran trauma berulang. Namun jika ada penyakit yang mendasari maka perlu pengobatan dari masing – masing penyakit tersebut. Silakan konsultasi secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lebih detail.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Tangan Bengkok

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.