• Dear Dokter,

    Mau tanya, tangan saya sebelah kiri bagian jari kelingking, jari manis dan jari tengah sudah beberapa hari mengalami kebas. Sampai sekarang belum kunjung reda, apakah ini faktor kurang vitamin atau merupakan gejala dari penyakit yang serius?

    Terima kasih

    Regards

    Lius

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kebas atau rasa kesemutan atau bahkan hilangnya sensasi rasa (baal) merupakan salah satu gangguan pada saraf. Penyebabnya beraneka ragam. Keluhan ini bisa berlangsung sementara atau menetap. Keluhan ini sering sekali dialami oleh beberapa pasien baik usia muda ataupun mengenai orang tua. Keluhan ini bisa dirasakan pada tungkai, lengan, bokong dan juga termasuk lengan dan jari – jari seperti yang anda alami. Kesemutan dalam istilah kedokteran disebut juga dengan parasthesia. Pada kasus yang anda alami dimana kesemutan terjadi pada jari kelingking dan manis biasanya gangguan terjadi di saraf ulnaris yang mempersarafi daerah tersebut. Keadaan ini disebut juga sebagai neuritis ulnaris. Penyebabnya bisa karena berbagai macam hal antara lain karena:

    • Faktor pekerjaan yang dominan menggunakan tangan misalnya mengulek, mengetik, menggambar, mencuci dengan tangan, memasak dan lain sebagainya.
    • Kekurangan vitamin B6 dan B12
    • Infeksi misalnya pada kasus morbus hansen atau lepra yang menyerang saraf ulnaris
    • Diabetes melitus
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan diagnosis keluhan anda maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Telapak Tangan dan Kelingking Kiri Kesemutan, Kenapa?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tangan Kebas, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.