• Halo dok, ibu saya berusia 43 th telapak tangannya kanan dan kiri sering kesemutan, jari jari terasa tebal padahal tidak bengkak, dan jika memegang ataupun mengangkat benda terlalu lama sudah tidak kuat. Kira-kira apa penyakitnya dok? Apa itu dapat menjadi kelumpuhan? Terimakasih

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kesemutan dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai parasthesia. Gejala ini bisa dialami oleh hampir tiap individu di semua usia baik usia muda ataupun mengenai orang tua. Keluhan ini bisa dirasakan pada tungkai, lengan, bokong dan lain sebagainya. Bagian tubuh tersering yang mengalami kesemutan adalah pada ekstrimitas (anggota gerak) baik tangan maupun kaki. Penyebab keluhan ini banyak macam mulai dari infeksi dan inflamasi pada persarafan, kekurangan vitamin dan mineral, pengaruh obat – obatan, gangguan persarafan karena faktor usia, hingga akibat faktor pekerjaan. Seseorang dengan pekerjaan yang banyak menggunakan tangan seperti mengetik, menggambar, mengulek, angkat beban berat, memasak dan lain sebagainya sering mengalami gangguan pada persarafan tangan sehingga menyebabkan keluhan kesemutan, baal dan gangguan saraf lainnya.

    Perlu dilakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan diagnosis keluhan yang anda rasakan baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Terapi yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda. Jika karena kekurangan vitamin dan mineral maka perlu diberikan asupan vitamin dan mineral tambahan misalnya vitamin B6, B12 ataupun kalium dan zat nutrisi lainnya. Pembatasan aktivitas yang menggunakan tangan juga perlu dilakukan untuk mengurangi beban kerja dari anggota gerak yang bermasalah.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tangan Kesemutan dan Jari-jari Terasa Tebal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.