• Halo, dokter! saya ingin bertanya nih, saya ber-umur 16 tahun, jadi saya sangat sering plank untuk latihan otot, semacam membentuk tengkurap dan menahan tubuh dengan ujung kaki dan lengan tangan selama beberapa lama. Belakangan ini saya sering mengalami gemetar jika melakukan kegiatan yang melibatkan tangan, seperti panco yang menyebabkan gemetar yang kecil namun sangat cepat. Sekarang ini saya bersekolah musik dan berlatih biola, setiap kali saya menggunakan bow untuk menggesek biola, tangan saya selalu gemetar dan menyebabkan hasil suara yang bergetar secara tidak beraturan.

     

    Mohon jawabannya ya dokter, Terima Kasih!

    Selamat pagi,

    Tangan yang gemetaran atau dalam istilah medis disebut dengan Tremor, memiliki beberapa penyebab. Jika dikaitkan dengan masalah yang anda hadapi berikut kemungkinan penyebab yang mungkin membuat tangan dan lengan anda gemetar.

    Anda menceritakan bahwa tangan yang gemetar itu bermula dari terlalu sering nya melakukan olahraga yang banyak menggunakan otot otot lengan dan tangan, jika memang demikian maka sangat besar kemungkinan bahwa itu disebabkan oleh kelelahan otot.

    Jadi sebaiknya kurangi aktivitas olahraga Anda tersebut dan berikan kesempatan tangan dan lengan untuk beristirahat kemudian ketika anda akan menggunakan lengan dan tangan anda untuk melakukan aktivitas aktivitas lain seperti memainkan biola maka lakukanlah pemanasan terlebih dahulu.

    Disamping itu mungkin beberapa suplemen bisa membantu meringankan lengan dan tangan gemetar contohnya mengonsumsi vitamin B kompleks serta makan makanan bergizi yang kaya akan protein, karbohidrat dan buah-buahan.

    Sekian jawaban dari kami semoga bisa membantu.

Beranda Tanya Dokter Tangan-lengan Mudah Bergetar

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.