• Nama saya Gunawan, usia 31 tahun. Saya mau tanya dok. Kenapa tangan saya selalu tremor. Tekanan darah saya 100/60 mmHg, kurus, cepat lelah dan kurang nafsu makan.

    Mohon penjelasannya. Terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tangan yang gemetaran atau biasa disebut tremor bisa disebabkan oleh beberapa hal. Keluhan ini sebenarnya bisa menjadi hal yang normal dan lumrah dialami oleh beberapa individu, misalnya saat seseorang mengalami kegugupan, kedinginan dan lain sebagainya. Namun bisa juga terjadi karena gejala penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab tremor yang dialami oleh beberapa individu yaitu antara lain:

    1.       Stress bisa menjadi salah satu penyebab keluhan tremor. Kasus ini terjadi pada individu dengan masalah psikologis tertentu.

    2.       Pengaruh obat – obatan ataupun alkohol juga bisa menjadi salah satu penyebab keluhan gemetar (tremor)

    3.       Hipertiroid atau peningkatan kadar hormon tiroid bisa menyebabkan keluhan tangan gemetar (tremor), badan kurus, mudah berkeringat, badan terasa panas, jantung berdebar, mata yang tampak melotot dan lain sebagainya. Perlu pemeriksaan kadar hormon tiroid dalam darah untuk memastikan diagnosis penyakit ini.

    4.       Penyakit pada sistem saraf juga bisa menyebabkan keluhan tangan yang bergetar, misalnya parkinson, stroke dan lainnya

    5.       Tremor postural juga bisa terjadi pada beberapa individu sehingga pasien akan gemetar saat berdiri, namun berkurang saat istirahat.

    6.       Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tangan Selalu Tremor, Apa Penyebabnya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.