• Assalamu’alaikum dok,,,?maaf saya mau tanya dok,,saya kasihan sama ibu  saya beliau sering mengalami kesemutan ditangan sebelah kiri,dan kalau sehabis duduk lama atau bangu tidur beliau tidak bisa langsung berdiri dikarenakan rasa pegal pada tungkak kaki dan kesemutan musti duduk dulu baru bisa berdiri…kalau boleh tau itu kenapa ya dok,,mohon sarannya dok,,,bls

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kesemutan sering sekali dialami oleh beberapa individu terutama mengenai orang tua. Keluhan ini bisa dirasakan pada tungkai, lengan, bokong dan lain sebagainya. Keluhan kesemutan pada ekstrimitas (anggota gerak) baik tangan maupun kaki pada saat bangun tidur ataupun setelah duduk lama bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut akan dijelaskan beberapa penyebab tersering dari keluhan tersebut pada usia tua, yaitu antara lain:

    1. Neuritis atau inflamasi (peradangan pada saraf) bisa menyebabkan keluhan kesemutan yang kadang juga disertai nyeri pada area yang dipersarafi oleh nervus yang mengalami peradangan.
    2. Penyakit ini merupakan penyakit degeneratif yang sering dialami oleh individu dengan usia tua. Keluhan yang muncul berupa rasa kesemutan, nyeri di persendian, kaku ataupun bengkak.
    3. Arthritis gout. Penyakit peradangan pada sendi ini terjadi akibat menumpuknya kristal urat dalam sendi.
    4. Rheumatoid arthritis. Penyakit autoimun ini bisa menyebabkan keluhan yang mirip dengan peradangan sendi lainnya termasuk penyakit yang telah dijelaskan sebelumnya di atas.
    5. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab keluhan yang orang tua anda rasakan membuat pentingnya pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Untuk menegakkan diagnosis penyebab keluhan anda, perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang oleh dokter. Untuk pengobatan awal dapat diberika obat pengilang nyeri dan inflamasi seperti paracetamol, ibuprofen, asam mefenamat dan lainnya. Namun sebaiknya tidak untuk dikonsumsi jangka panjang karena dapat menyebabkan efek samping lainnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tangan dan Kaki Sering Kesemutan, Terkadang Nyeri

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.