• Dok mau tanya..

    Anak saya umur 5 bulan, panas sudah 3 hari. Panasnya terutama di daerah perut dan punggung. Sudah saya kasih obat penurun panas, panasnya masih tetap saja. Itu kenapa ya dok???

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Demam atau panas merupakan kejadian yang sering dialami oleh bayi dan anak – anak. Penyebabnya bisa bermacam – macam, mulai dari kondisi fisik yang terlalu lelah akibat aktivitas anak yang berlebihan, adanya infeksi mulai dari infeksi saluran nafas, infeksi saluran cerna dan lain sebagainya. Suhu tubuh dikatakan demam atau panas yaitu jika suhu tubuh di atas 37,50C. Untuk mengetahuinya maka perlu dilakukan pemeriksaan suhu dengan termometer. Maka alangkah baiknya bagi anda orang tua yang memiliki bayi dan anak – anak perlu menyediakan termometer di rumah agar dapat memastikan suhu badan anak yang sebenarnya.

    Jika memang suhu anak benar di atas 37,50C maka anda dapat melakukan beberapa treatment di rumah sebelum diperiksakan ke dokter, yaitu antara lain:

    1. Berikan obat penurun panas pada anak, misalnya paracetamol dengan dosis 10-15 mg/ KgBerat badan anak tiap kali pemberian. Paracetamol ini bisa diulang tiap 4-6 jam jika suhu anak anda tidak mengalami penurunan setelah diberi obat.
    2. Perbanyak cairan. Hal ini penting untuk menjaga asupan cairan anak. Karena suhu tubuh anak bisa makin meningkat jika anak kekurangan cairan. Apalagi pada anak yang panas, cairan dalam tubuh banyak yang mengalami penguapan untuk menjaga suhu tubuh anak. Sehingga perlu asupan cairan dalam jumlah banyak. Asupan cairan bisa diperoleh dari air putih, susu, teh hingga jus buah.
    3. Kompres tubuh anak dengan air biasa. Jangan gunakan air dingin untuk mengompres anak. Kompres di bagian dahi, ketiak maupun lipat paha anak.

    Namun jika suhu tubuh anak tidak membaik dan cenderung makin tinggi atau demam berlangsung 3 hari ataupun lebih maka sebaiknya diperiksakan langsung ke dokter agar dapat diketahui penyebab pasti keluhan anak serta mendapat terapi yang sesuai.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bayi 5 Bulan Panas (demam) Selama 3 Hari

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.