• dok,saya rista.. saya mau bertanya nih dok.. Saya sakit demam semenjak tgl 9 februari kemarin, terus besoknya saya cek darah di salah satu klinik di solo..

    Ternyata cek yang pertama trombosit saya 150.000, Lalu hari kedua 120.000, hari ketiga 124.000, hari keempat 136.000, kelima 140.000 dan terahkir tadi hasilnya 144.000.

    Kata dokter besok saya nggak usah cek darah lagi, terus ini kok saya di kaki sama tangan ada bintik2 merah gini kenapa ya dok ? apa ada pengaruhnya sama trombosit turun ? terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bintik – bintik merah di kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal misalnya:

    1. Gigitan nyamuk bisa menyebabkan keluhan bintik merah. Biasanya disertai rasa gatal. Jika kulit dilebarkan maka bintik merah akan menghilang.
    2. Akibat petekie. Petekie bisa disebabkan oleh banyak hal salah satunya karena infeksi akibat virus dengue yaitu penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD). Bintik merah akibat petekie bisa dibedakan oleh bintik merah lainnya dengan cara melebarkan kulit di sekitar bintik merah. Pada petekie, saat dilebarkan maka bintik merah akan tetap ada atau tidak menghilang.
    3. Bintik merah pada campak (morbili). Biasanya banyak di badan. Bintik merah juga bisa hilang saat kulit dilebarkan
    4. Akibat vasodilatasi atau pelebaran pembuluh darah.
    5. Dan lain sebagainya

    Harus diidentifikasi terlebih dahulu bagaimana karakteristik bintik merahnya. Bintik merah yang terkait penurunan kadar trombosit (trombositopenia) adalah berupa petekie. Anda bisa mencoba melakukan pemeriksaan bintik merah seperti yang saya jelaskan sebelumnya untuk mengetahui jenis bintik merahnya.

    Jika memang bintik merah yang anda alami adalah petekie akibat demam berdarah maka sebenarnya tak perlu terlalu khawatir selama demam sudah membaik dan anda bebas periode demam selama 2 hingga 3 hari. Yang terpenting adalah menjaga asupan cairan agar tidak terjadi dehidrasi.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Gejala Trombosit Turun?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.