• Dok, mau tanya di lutut saya ada gatal – gatal dan luka itu kadang mengelupas kulitnya apabila di garuk tetapi ukurannya segitu saja tidak berubah. Saya sudah periksa ke dokter dan dikasih salep tapi belum sembuh -sembuh. Luka ini kira – kira sudah 3th. Kenapa yah dok? terima kasih

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Seperti yang sudah sering dibahas di forum ini penyebab gatal sangat banyak sekali. Perlu dilihat langsung gambaran klinis yang muncul di kulit anda agar tak keliru dalam menentukan diagnosis penyebab keluhan anda. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab gatal pada lulut seperti yang anda alami yaitu antara lain karena:

    1.       Iktiosis atau xerosis kutis atau kulit yang terlalu kering pada daerah lutut sering menyebabkan keluhan gatal yang sangat mengganggu. Jika digaruk terus menerus tentu akan bisa menimbulkan keluhan luka dan kulit bertambah kering.

    2.       Akrodermatitis merupakan salah satu penyebab keluhan gatal pada ekstrimitas, dalam hal ini adalah tungkai.

    3.       Neurodermatitis merupakan penyakit kulit yang bisa menimbulkan keluhan gatal. Jika kulit digaruk terus menerus bisa menyebabkan penebalan kulit. Penyakit ini biasanya terkait dengan faktor stress dan lainnya.

    4.       Dermatitis alergi juga bisa menyebabkan keluhan gatal disertai keluhan kulit memerah dan lain sebagainya. Biasanya kulit kering akan menambah keluhan gatal.

    5.       Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan tergantung diagnosis penyakitnya. Oleh karena itu silakan memeriksakan langsung ke dokter agar bisa dilihat gambaran klinis nya secara langsung guna menegakkan diagnosis yang paling tepat terkait keluhan yang anda alami.
    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Alangkah lebih baiknya, jika disertai dengan foto, supaya tim dokter kami dapat memperkirakan dengan lebih pasti. terimakasih.

Beranda Tanya Dokter Gatal di Lutut seperti Bersisik

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.