• Terima kasih dok atas jawaban sebelumnya

    saya mau tanya lagi dok,hari ini kan obat saya terakhir habis dok nah telinga saya belum sembuh,tapi tetes telinganya masih. itu selanjutya nunggu tetes habis dulu baru ke dokter THT lagi atau obat habis langsung ke dokter lagi dok serta kiat2 agar penyembuhannya bisa cepet dok,mohon solusinya juga ya dok.   Terima Kasih Dokter

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan infeksi telinga memang seringkali butuh waktu terapi yang agak lebih lama dari infeksi lainnya, jika kuman yang berkembang cukup kuat pertumbuhannya. Ada baiknya jika memang dalam lima hari setelah obat antibiotik minum habis namun keluhan belum kunjung sembuh, periksakan kembali keadaan telinga anda ke dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (SpTHT) agar obat antibiotik oral yang dikonsumsi tidak sampai berhenti, namun bisa segera dilanjutkan tanpa jeda.

    Sebenarnya tidak ada kiat – kiat khusus agar penyembuhan infeksi telinga cepat sembuh. Namun pengobatan yang tepat dan adekuat sangat membantu keberhasilan terapi anda. Pastikan anda mengkonsumsi obat antibiotik dengan tepat waktu. Pastikan pula obat tetes telinga digunakan dengan tepat. Teteskan pada telinga yang sakit, tunggu selama beberapa menit agar tetes telinga bisa kontak maksimal dengan jaringan yang sakit, setelah itu baru posisikan kepala anda tegak seperti biasanya. Selain itu, anda perlu menjaga daya tahan tubuh anda. Sistem imun tubuh pasien yang turun akan memperlambat penyembuhan infeksi karena kuman akan lebih mudah menyerang daya tahan tubuh yang lemah. Konsumsi makanan yang bergizi, jika perlu minum suplemen untuk daya tahan tubuh, perbanyak istirahat. Paling penting juga jaga kebersihan telinga anda dengan melap kering telinga sehabis mandi. Namun jangan mengorek – ngorek telinga terlebih dahulu, apalagi dalam kondisi infeksi saat ini.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tanya Lanjutan Infeksi Telinga

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.