• Dokter,, Saya sering gatal terus menerus sampai memerah di area perut dan payudara, bagaimana mengatasi ini ya?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan gatal sampai memerah di area perut dan payudara ada banyak kemungkinan penyebabnya tergantung dari keluhan penyertanya, gambaran klinis penyakitnya dan lain sebagainya. Secara umum dapat saya jelaskan beberapa penyebab tersering keluhan gatal hingga memerah di area perut dan payudara yaitu antara lain:

    1. Dermatitis kontak alergi. Biasanya bisa terjadi karena kontaknya daerah lesi dengan bahan-bahan yang bisa menimbulkan alergi seperti tali bra, dan lain sebagainya. Biasanya butuh beberapa kali paparan hingga menimbulkan keluhan gatal dan memerah pada kulit.
    2. Infeksi jamur, misalnya candida albicans, tinea dan lain sebagainya. Keluhan yang muncul juga berupa rasa gatal dan kemerahan pada kulit.
    3. Faktor keringat berlebih juga meningkatkan rasa gatal pada daerah perut dan payudara.
    4. Adanya penyakit tertentu seperti diabetes melitus (kencing manis) juga meningkatkan angka kejadian gatal pada kulit, termasuk kulit di area perut dan payudara.
    5. Dan sebab lainnya.

    Cara mengatasinya tentu tergantung dari penyebab keluhan. Jika karena infeksi jamur maka perlu obat antijamur. Namun jika karena dermatitis alergi perlu krim kortikosteroid untuk membantu mengatasinya. Jika gatal terjadi akibat penyakit lain seperti kadar gula darah yang meningkat maka perlu diobati terlebih dahulu penyakit primernya. Jangan sekali – kali memberikan obat tanpa tahu penyebabnya karena kesalahan pengobatan malah dapat memperluas keluhan. Namun ada beberapa upaya yang dapat anda lakukan untuk mengurangi keluhan gatal dan mencegah kekambuhan, yaitu:

    1. Jaga kebersihan kulit dengan rajin mengganti pakaian, termasuk pakaian dalam.
    2. Kurangi aktivitas yang menimbulkan keringat berlebihan.
    3. Setelah beraktivitas yang menimbulkan keringat, maka segeralah membersihkan badan dengan mandi lalu keringkan badan dengan baik serta ganti pakaian anda.
    4. Jangan gunakan pakaian terlalu ketat.
    5. Hindari garukan karena garukan malah akan memperluas dan memperberat keluhan.
    6. Bisa gunakan obat antihistamin untuk mengurangi gatal berlebih.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gatal Memerah pada Perut dan Payudara

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.