• Slmt siang dokter…sya raka dari lombok ntb, sya mau bertanya..sya memiliki keluhan yang sdh lama yaitu sya merasa mual yang berkepanjangan dan tidak kunjung hilang sejak bbrp tahun ini, perut selalu terasa kosong dan nyeri walaupun makan sudah cukup teratur, dan sesekali tubuh sya merasa lemas dan jantung terasa berdebar debar dan bbrp bulan ini sya mngalami penurunan berat badan, sya sudah coba periksakan ke dokter berkali2..dan sya selalu di kasi obat mag..tp reaksi obat itu cm sementara dan rasa nyeri di perut itu pasti akan muncul lagi.. keluhan itulah yang sya alami sampai sekarang, mohon jawabannya dari dokter ya

    Terima kasih

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Mual merupakan perasaan ingin muntah. Mual bisa berlangsung singkat namun juga bisa memanjang. Mual bisa karena gangguan fisik maupun psikis. Ada banyak kemungkinan penyebab mual, umumnya karena gangguan di saluran cerna namun juga tidak menutup kemungkinan penyebab berasal dari luar saluran cerna. Mual bisa disebabkan karena dispepsia ataupun ulkus baik di lambung maupun di usus halus (duodenum).

    Ulkus duodenum umumnya berlangsung kronik. Gejala yang umum muncul adalah nyeri di ulu hati. Rasa nyeri biasanya berkurang setelah diberi makan ataupun setelah mengkonsumsi antasid atau obat maag lainnya. Ulkus lambung memiliki gejala yang mirip dengan duodenum. Namun biasanya nyeri tak hilang setelah diberi makan bahkan bisa makin nyeri. Perlu dilakukan endoskopi untuk mengetahui diagnosis kedua penyakit ini.

    Untuk kasus anda keluhan bisa saja akibat salah satu dari keduanya. Namun bisa juga karena faktor psikis. Jika memang rasa mual berlangsung terus menerus hingga berat badan menurun maka ada baiknya anda berkonsultasi lagi dengan dokter, khususnya dr spesialis penyakit dalam, agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang jika memang dibutuhkan. Pemeriksaan endoskopi juga mungkin disarankan untuk memastikan kondisi dalam saluran cerna namun tentu perlu pemeriksaan fisik dahulu sebelumnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Keluhan Perut dan Mual Berkepanjangan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.