• Dear Dokter,

    Saya adalah penderita TB kelenjar dan sudah melalui pengobatan selama 2 tahun. 1 thn pertama mengkonsumsi obat2an dari dokter bahkan sudah mendapatkan pengobatan melalui suntik selama 2 bulan full. Terakhir konsumsi obat bulan Februari 2016 dan menurut dokter sudah selesai.

    Tapi saat ini saya merasakan seperti ada benjolan baru yang tumbuh disekitar leher (berdekatan dgn lokasi awal). Dan terkadang terasa nyeri.

    Pertanyaan saya apakah pengobatan selama 2 tahun tsb masih belum tuntas?

    Apa yg sebaiknya saya lakukan? Usia saya saat ini adalah 44 tahun.

    Terima kasih,

    Cicilia

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pembesaran kelenjar getah bening (KGB) bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satu yang tersering adalah akibat infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis. Selain akibat infeksi oleh kuman TB, ada juga infeksi lainnya yang bisa menyebabkan keluhan pembesaran kelenjar getah bening misalnya saat seseorang sedang mengalami infeksi saluran napas atas akibat virus dan masih banyak lagi. KGB merupakan salah satu organ yang berperan dalam menjaga sistem imun tubuh. Ketika daya tahan tubuh menurun misal karena infeksi maka kelenjar ini akan membesar sedangkan saat infeksi berhasil diatasi dan daya tahan tubuh membaik maka kelenjar akan mengecil kembali ke ukuran normal. Selain akibat infeksi, penyebab lainnya dari pembesaran KGB adalah akibat penyakit autoimun seperti lupus dan juga akibat kanker atau keganasan.

    Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan kembali pada kasus anda apakah pembesaran KGB tersebut terjadi akibat infeksi TB ataukah karena sebab lainnya. Jika memang terjadi akibat limfadenitis TB maka penyebabnya bisa karena infeksi yang berulang artinya pada infeksi sebelumnya anda sudah sembuh total dengan pengobatan TB lengkap atau bisa juga karena infeksi sebelumnya yang memang belum sembuh total. Silakan anda memeriksakan kembali ke dokter di daerah anda untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Pengobatan TB Kelenjar?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.