• Selamat siang dok, sy mau tanya mengenai keluhan sy yg slalu terasa tertarik dan kaky dibagian pundak dan leher.  sy sudah MRI dan hasilnya jga normal tidak ada kejanggalan dileher sy.  dan keluhan ini sudah berlangsung sekitar setahun.. keluhan tersebut kdg datang dan pergi..

    Yang mau saya pertanyakan Dok apakah yang sebenarnya membuat leher sy slalu kak? Tq

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Leher yang terasa kaku dan tegang atau seperti terasa tertarik tentu menimbulkan ketidaknyamanan bagi individu yang mengalaminya. Ada beberapa penyebab keluhan ini antara lain karena:

    1. Tension headache yaitu berupa rasa sakit pada kepala dan leher yang terasa kaku dan tegang atau seperti tertekan benda berat. Biasanya bisa terjadi karena aktivitas yang berlebihan, istirahat yang kurang, asupan nutrisi yang kurang, stress dan masih banyak lagi penyebabnya.
    2. Gangguan muskuloskleletal atau gangguan pada tulang ataupun otot di sekitar leher bisa menjadi salah satu penyebab. Paling sering adalah kram pada otot sekitar leher misal pada seseorang yang berkaktivitas menatap layar monitor secara terus menerus dalam waktu beberapa jam tiap harinya. Atau bisa juga terjadi saat seseorang salah posisi kerja misal menghadap kiri atau kanan terus menerus, menunduk terus menerus atau bisa juga karena kesalahan dalam posisi tidur.
    3. Penyebab lainnya

    Ada baiknya anda manjaga aktivitas anda sehari – hari, jangan terlalu lama dalam satu posisi tubuh tertentu secara terus menerus tanpa diselingi istirahat, misal jangan menyetir terus menerus berjam – jam, istirahatlah yang cukup, olahraga pun dapat membantu mengurangi keluhan, rilekskan pikiran serta dapat dibantu dihilangkan dengan memberi obat penghilang nyeri atau obat untuk relaksasi otot.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih Dok. Bole saya minta saran untuk meringankan tension head sy? Atau obat yg bagus untuk keluhan saya?

Beranda Tanya Dokter Tegang dan Kaku pada Pundak dan Leher

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.