• Awalnya telapak kaki saya dekat jari kaki ada bintik – bintik dan gatal lama kelamaan melebar sampai seluruh telapak kaki dan telapak tangan jd ikut gatal kadang Saya kompres pakai kain yg sudah saya serika agar gatalnya hilang dan kumannya mati tapi malah telapak kaki saya jd kering dan mengkerut lalu saya pakain handabody kadang minyak kayu putih tetap jd kering dan mengkerut dan seperti ganti kulit tapi tetap aja telapak kaki dan tangan gatal malah didekat jari telapak kaki saya timbul bintik kecil bening seperti air itu tandanya apa ya dan penyebabnya apa?

    Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gatal pada telapak kaki dan telapak tangan, antara lain sebagai berikut:

    Kulit kering (xerosis kutis)

    Banyak faktor yang dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, seperti perubahan cuaca, paparan sinar matahari, paparan AC, dan penuaan. Ini dapat mengakibatkan hilangnya minyak alami yang pada gilirannya menyebabkan hilangnya kelembaban atau air melalui epidermis (lapisan terluar dari kulit). Hal ini menyebabkan kulit menjadi kering, mengelupas, dan peradangan kemerahan serta menimbulkan gatal-gatal yang berlebihan pada telapak kaki atau tangan.

    Dermatitis kontak alergi

    Ini adalah reaksi hipersensitivitas (alergi) terjadi ketika kulit bersentuhan dengan alergen seperti kromat, nikel, bahan kimia karet, salep, krim, wewangian, lanolin formaldehida, dan bahan kimia lingkungan lainnya.
    Gejalanya berupa kulit kemerahan, lepuhan berisi cairan, pembengkakan, luka-luka dan gatal parah.

    Efek Samping Obat

    Orang yang minum obat tertentu untuk mengobati beberapa kondisi medis juga bisa mengalami gatal pada telapak kaki dan telapak tangan sebagai reaksi efek samping obat, atau bisa juga sebagai akibat dari alergi terhadap obat.

    Kondisi Medis

    Gatal terus-menerus di tangan dan kaki mungkin merupakan tanda dari penyakit Crohn, penyakit ginjal kronis atau gagal hati. Jaringan parut dan peradangan pada hati membuat badan gatal, dimulai di telapak tangan dan telapak kaki. Telapak tangan gatal juga dapat dikaitkan dengan gangguan tiroid (hipertiroid atau hipotiroid). Penyakit lain seperti kanker darah dan jaringan limfatik juga dapat menyebabkan gatal di telapak kaki dan tangan, hal yang sama juga bis terjadi akibat kekurangan nutrisi vitamin B1, B6 dan B12.

    Stress

    Penelitian baru menunjukkan bahwa stres kronis dan kecemasan dapat menyebabkan gatal-gatal pada telapak tangan dan kaki dan bagian tubuh lainnya. Tingkat stres yang tinggi juga dapat menyebabkan memburuknya masalah kulit yang mengalami gatal.

    Nah, sekarang tinggal disesuaikan dengan kondisi Anda. Jika masih bingung periksakan ke dokter ya.

Beranda Tanya Dokter Telapak Kaki & Tangan Gatal Berbintik

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.