• Selamat malam dok.

    Saya 19th. Dok mau tanya, bulan kemarin saya datang bulan tanggal 25. Tapi bulan ini sampai dengan sekarang saya belum juga datang bulan. Saya sempat baca salah satu artikel doker, kalau berat badan mempengaruhi siklus menstruasi. Saat bulan puasa ini memang berat badan saya turun beberapa kg. Apakah itu penyebab utamanya? Apa terlambat datang bulan perlu saya kawatirkan dok? terus bagaimana solusinya agar saya tidak terlalu stres memikirkan datang bulan yang terlambat ini.

    Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Haid yang datang terlambat bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena asupan nutrisi yang kurang tercukupi. Namun hal ini tidak serta merta terjadi dalam waktu singkat artinya bukan karena anda puasa lalu berat badan turun beberapa kg langsung akan membuat haid terganggu. Gangguan haid akibat faktor nutrisi terjadi pada seseorang yang turun berat badan secara drastis atau karena asupan zat gizi yang kurang dan lainnya. Biasanya baru terjadi setelah beberapa bulan.

    Selain itu juga jangan melupakan adanya kemungkinan penyebab lainnya seperti stress berat, kelelahan fisik dan masih banyak lagi kemungkinan penyebabnya seperti pada wanita yang baru mengalami haid kurang lebih 1 hingga 2 tahun sesudah mulai periode haidnya, sering mengalami terlambat haid karena hormon yang masih belum stabil.

    Jika keterlambatan haid baru berlangsung selama beberapa hari maka sebenarnya anda tak perlu terlalu khawatir. Cukup anda menjaga pola hidup anda sehari – hari dengan menjaga asupan makanan anda, istirahat yang cukup, olahraga teratur, hindari stress berlebihan, kurangi aktivitas yang berlebihan dan observasi siklus menstruasi anda selama beberapa minggu ke depan. Jika haid masih tidak kunjung datang dalam waktu 3 bulan maka silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter. Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telat Datang Bulan Akibat Berat Badan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.