• asalamualaikum, dok. saya mau nanya istri saya lagi sakit maag tapi dia udah hampir seminggu belum haid apa karena maag nya atau emang lagi hamil muda ya dok soalnya tanda2 hamilnya udah ada kira2 gmana ya solusinya

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebenarnya tidak ada kaitannya secara langsung antara sakit lambung dengan kehamilan. Pertama – tama adalah perlu dipastikan apakah keluhan yang dialami oleh istri anda karena sakit maag atau memang keluhan mual muntah yang terjadi akibat ketidakstabilan hormonal pada ibu hamil. Gejala yang terjadi hampir mirip sehingga ada baiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter.

    Penyebab terlambat haid sendiri sangat banyak, apalagi jika baru terjadi selama satu minggu. Penyebabnya bukan karena kehamilan saja namun bisa saja karena kelelahan fisik, stress dan masih banyak lagi. Tanda – tanda kehamilan sendiri dibedakan menjadi dua yaitu tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil adalah gejala yang muncul yang mungkin disebabkan karena kehamilan, namun tidak menutup kemungkinan juga karena sebab lainnya misalnya mual dan muntah di pagi hari, perut yang membesar, payudara membengkak, hingga hasil tes pack positif. Tanda pasti hamil adalah tanda fisik yang memang pasti dan akurat terjadi pada seorang ibu yang sedang hamil misalnya ditemukan adanya kantung kehamilan melalui pemeriksaan USG, adanya detak jantung janin, dan lain sebagainya yang baru dapat diketahui melalui pemeriksaan penunjang oleh dokter.

    Untuk memastikan penyebab keluhan  istri anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mual Karena Sakit Maag atau Hamil?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.