• telat men 3 bln 20 hari.. Tpi saya TP (-)… Tpi sPerut saya terasa begah.. Kadang terasa mual Kadang enggak,, pinggang sering sakit. Kepala sering pusing..badan terasa Cepet capek.. Nafas sering engap.. Itu knpa ya dok..Saya udah priksa kr puskes,, di cek darang saya tinggi… Ini apa tanda hamil atau bkan… Usia say baru 20 dok.. Tpi saya belom tau pasti tanda. Tanda kehamilan.. Dan bada saya trlihat agak kurus tapi berat bdan ku naik.. Bb saya udah 50 kg..

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab telat mens sangat banyak bukan hanya karena hamil saja. Namun bisa juga karena sebab lainnya. Seorang wanita yang tidak mengalami haid dalam jangka waktu lebih dari 3 bulan disebut sebagai amenore. Amenore bisa disebabkan oleh banyak hal yaitu antara lain:

    1.       Stress. Hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.

    2.       Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.

    3.       Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens

    4.       Penyakit pada organ reproduksi misalnya kista, tumor, infeksi dan lain sebagainya

    5.       KB hormonal terutama KB 3 bulan

    6.       Kehamilan

    7.       Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan kehamilan bisa dilakukan pemeriksaan USG untuk menentukan ada tidaknya kantung kehamilan dalam rahim ibu. Selain itu bisa juga dilakukan pemeriksaan detak jantung janin untuk memastikan ada tidaknya kehamilan. Oleh karena itu untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telat Haid 3bulan 20 Hari, Tapi Sensitif

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.