• Dok saya mau bertanya..
    Bulan juli kemarin untuk pertama kalinya saya haid 2 kali dalam 1 bulan setelah menikah, padahal biasanya tidak pernah. tanggal 1-6 juli saya haid dan tanggal 26 saya haid lagi. tanggal 1 agustus sudah berhenti.. Dan sampai sekarang belum haid lagi, padahal biasanya tanggal 4 saya udah haid..
    PD saya terasa kencang dan lebih sensitif,, dan sudah beberapa hari ini perut saya kram seperti waktu haid. tapi bedanya ini tidak terlalu sakit dan kadang tiba-tiba hilang trus tiba-tiba kram lagi.. Itu tandanya kenapa ya ?? tolong penjelasannya dok

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gangguan menstruasi merupakan salah satu keluhan yang kerap kali dialami oleh beberapa wanita. Keluhan ini baik berupa terlambat haid maupun haid yang muncul terlalu cepat, haid yang sangat sedikit atau malah sangat banyak. Haid yang normal berlangsung sekitar 4 hingga 7 hari yang muncul tiap 28 hari hingga 35 hari. Ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan gangguan haid baik haid yang terlambat atau terlalu cepat yaitu antara lain:

    1.       Akibat faktor psikosomatis misalnya stress atau depresi. Hal ini bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.

    2.       Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.

    3.       Berat badan yang berlebihan

    4.       Penyakit gangguan reproduksi misalnya karena infeksi, tumor, kista dan lainnya

    5.       KB hormonal baik KB 1 bulan, pil KB dan lainnya

    6.       Pengaruh obat – obatan

    7.       Penyebab lain

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan secara lebih detail. Berdasarkan hasil pemeriksaan ini baru bisa diketahui apakah keluhan yang anda alami masih dalam batas normal atau karena keadaan patologis. Pengobatan yang diberikan berbeda tergantung penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telat Haid Disertai Rasa Kram Hilang Timbul

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.