• Dokk saya mens terakhir pada bulan September tanggal 28, terus pas tanggal 26 Oktober saya berhubungan intim sama pacar saya. Terus sampe saat ini dia belom mens dok saya sudah tespek sebanyak dua kali tapi hasilnya negatif dok. Kira kira saya hamil atau cuma telat mens aja? Saya minta solusi dan cara menanganinya dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Penyebab telat mens sangat banyak. Tidak bisa hanya berdasarkan keluhan ini saja maka kita bisa menentukan apakah seseorang hamil atau tidak. Mens secara normal berlangsung tiap 28 hari hingga 35 hari. Jika mens tidak kunjung datang maka penyebabnya bisa karena berbagai macam hal misalnya saja:

    1. Karena kehamilan. Namun perlu pemeriksaan lain untuk memastikan apakah seorang hamil atau tidak. Yang paling akurat adalah dengan USG.
    2. Kelelahan fisik juga bisa menyebabkan telat mens
    3. Stress atau faktor psikosomatis lainnya
    4. Penyakit infeksi organ reproduksi
    5. Tumor
    6. Kista ovarium
    7. Efek KB hormonal
    8. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara detail. Tes pack bisa membantu menentukan kehamilan. Namun kadang pemeriksaan ini bisa memberikan hasil positif palsu atau negatif palsu.

    Hasil positif palsu bisa karena kehamilan di luar kandungan. Hasil negatif palsu bisa terjadi karena kadar hormon hcg yang belum terlalu tinggi di awal kehamilan.

    Silakan baca artikel berikut :

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga daoat membantu

Beranda Tanya Dokter Telat Mens 1 Minggu Tespek Negatif

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.