• Dok.. saya berumur 29 tahun sudah menikah, tanggal 24 juni 2016 saya menstruasi selesai mens tanggal 29, bulan agustus penujh saya tidak mens itu bearti saya hamil atu tidak,, ko skrg saya merasa mual muntah, teraca kecapain pengenx tidur terus.

    Minta balasan dari dokter.

    tlong di blas ya dokter

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gangguan menstruasi kerap kali menjadi masalah yang mengganggu wanita. Dalam forum ini juga sering masuk pertanyaan mengenai alasan keterlambatan menstruasi. Telat mens sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari hal yang normal seperti kehamilan hingga karena gangguan kesehatan tertentu. Tidak semua sebab mens yang terlambat adalah karena kehamilan. Untuk memastikan kehamilan sendiri ada beberapa cara, yang paling akurat adalah dengan pemeriksaan USG untuk melihat ada tidaknya kantung kehamilan di rahim ibu.

    Selain dengan USG, ada pemeriksaan lain yang sederhana yang bisa anda lakukan di rumah yaitu dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan). Namun positif negatifnya hasil tes pack tidak menjamin kehamilan. Karena ada beberapa penyakit seperti mola hidatidosa hingga kehamilan di luar kandungan yang bisa menunjukkan hasil positif pada test pack. Selain itu hasil negatif juga belum tentu menyingkirkan kemungkinan hamil karena sering kali pada awal kehamilan dimana kadar hormon HCG belum terlalu tinggi, maka alat ini tidak bisa mendeteksinya. Tes pack baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Telat Menstruasi 1 Minggu, Harus Bagaimana?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.