• Dok, saya berumur 22 tahun. Setiap bulan saya selalu menstruasi teratur entah itu telat bbrp hari / kecepetan yg penting bagi saya tiap bulan menstruasi. Saya mens tgl 23 Juni 2016, tapi sampai sekarang 5 Agus 2016 belum jg menstruasi dan saya tidak ada gejala sakit punggung seperti biasanya, cuma dilep itupun  sebentar semenit

    Bagaimana ya dok ?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Terlambat haid memiliki banyak macam penyebab. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan penyebab keluhan tersebut. Pada kasus anda keluhan terlambat haid masih berlangsung kurang dari 3 bulan, oleh karena itu saya menyarankan untuk mengobservasi terlebih dahulu keluhan tersebut sambil memperbaiki pola hidup anda sehari – hari mulai dari asupan makanan yang teratur dan bergizi, istirahat yang cukup, olahraga teratur dan hindari stress.

    Sebagai informasi untuk anda berikut akan saya sampaikan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain karena:

    1.       Faktor psikosomatis misalnya karena stress di pekerjaan, pendidikan dan lain sebagainya sehingga mempengaruhi kestabilan hormonal dan menyebabkan perubahan siklus mens.

    2.       Asupan diet yang kurang misal karena diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.

    3.       Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens

    4.       Penyakit di organ reproduksi misalnya infeksi, radang panggul, sindrom polikistik ovarium dan masih banyak lagi.

    5.       KB hormonal terutama KB 3 bulan

    6.       Awal mendapat mens pertama (menarche) ataupun awal menopause (menopause)

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna memastikan penyebab keluhan anda.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telat Menstruasi 2 Minggu, Harus Bagaimana?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.