• Dokter, haid sy bln lalu tgl 22 Jan 2016, dgn siklus biasanya 33hr. Saya prediksi tgl 24 feb 2016 haid selanjutnya. Ternyata, sampe tgl 28 feb, sy blm haid juga. Rencana mau pake testpack tgl 29pagi krn siapa tau aja hamil. Malam tgl 28, sy makan buah nangka tp cuma sedikit dok. Pas sy bangun subuh, sy tiba2 haid. Apa kah nangka memang memicu haid ya dok? Atau malah memicu keguguran? Makasih atas jawabannya ya dok…

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Tidak ada kaitannya buah nangka sebagai pemicu haid ataupun penyebab keguguran. Belum ada bukti klinis yang menyatakan demikian. Hal tersebut bisa saja hanya kebetulan saja terjadi dalam waktu yang berdekatan. Periode haid yang normal berkisar antara 3 hingga 7 hari dengan jumlah darah yang keluar berkisar antara 40 – 60 ml tiap harinya. Siklus haid normal biasanya berlangsung 21 hari, 28 hari atau 35 hari. Jika periode haid yang anda alami terjadi di luar kriteria tersebut maka bisa dikatakan abnormal.

    Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab haid yang sering terjadi yaitu:

    1. Faktor psikis seringkali menjadi faktor pencetus keluhan terlambat haid, bisa karena stress pekerjaan, pendidikan, masalah keluarga dan lain sebagainya.
    2. Asupan nutrisi yang kurang. Diet berlebihan tanpa memperhatikan kecukupan gizi seringkali membuat gangguan pada siklus menstruasi.
    3. Aktivitas fisik yang tinggi. Kelelahan fisik akibat banyaknya aktivitas juga dapat menjadi faktor pencetus keluhan terlambat haid.
    4. Kehamilan tentu mungkin menjadi penyebab keluhan terlambat haid, namun tentu saja hanya terjadi pada orang yang telah berhubungan seksual. Jika anda belum pernah melakukan hal tersebut, maka penyebab ini bisa disingkirkan.
    5. Penyakit di organ reproduksi, misal tumor, kista, infeksi organ reproduksi, dan lain sebagainya
    6. Penyebab lainnya

    Jika keluhan terlambat haid baru berlangsung dalam beberapa minggu maka anda cukup mengobservasi dulu keadaan tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih banyak atas jawabannya dok…

    <p style=”text-align: left;”>Dok… Tahun 2015 kemarin selama 3bln sy rutin minum jeruk nipis peras + air hangat tiap bangun pagi agar badan sy menjadi terasa lebih ringan. Ada yg beranggapan kalau hal itu bisa menyebabkan rahim kering sehingga sulit hamil. Apakah benar seperti itu dok? Karna sejak sy rutin minum Jeniper itu, sebenarnya saya merasa lebih sehat, tapi sejak mendengar kabar tersebut, saya menghentikan kebiasaan saya itu. Mohon petunjuknya dok. Terima kasih sebelumnya</p>

Beranda Tanya Dokter Telat Sepekan Tiba-tiba Haid

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.