• Assalamualaikum dokter

    Anak saya berumur 5 bulan, selama kurleb 3 minggu ini saya selalu membersihkan telinganya setiap malam sg cotton bud dan baby oil ttp td malam saya bersihkan, ternyata ada bercikan darah sedikit dok dia langsung menangis tidak karuan… Itu kenapa dok? Apakah itu bahaya dok? Obatnya apa?

    Terimakasih sblmnya, mohon jwabannya

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Membersihkan telinga sebaiknya memang tidak terlalu sering karena malah akan menimbulkan luka lecet pada kulit di liang telinga akibat gesekan dengan cotton buds yang terlalu sering. Gesekan ini akan menimbulkan iritasi yang jika terserang kuman akan menimbulkan infeksi telinga, terutama infeksi telinga luar (otitis eksterna). Selain itu membersihkan telinga yang terlalu dalam juga bisa menimbulkan luka dan infeksi pada telinga tengah (otitis media). Darah yang muncul kemungkinan besar terjadi karena lecet nya kulit di telinga bayi anda.

    Infeksi pada telinga luar (otitis eksterna ) dan infeksi pada telinga tengah (otitis media) merupakan infeksi telinga yang paling sering terjadi. Keluhan yang dirasakan mulai dari nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, penurunan pendengaran dan lain sebagainya.  Namun untuk memastikan keluhan yang penyebab keluhan pada bayi anda perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter terutama dokter spesialis THT.

    Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan. Jika karena bakteri maka perlu antibiotik untuk membunuh semua bakteri yang berkembang. Jika karena jamur maka perlu diberikan anti jamur. Namun obat – obatan lainnya unutk mengatasi keluhan juga bisa diberikan, seperti obat penghilang nyeri dan peradangan dsb. Perlu pengobatan yang tepat dan adekuat agar kuman penyebab bisa hilang. Oleh karena itu silakan konsultasi dengan dokter secara langsung agar bisa mendapat pengobatan yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Telinga Bayi Berdarah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.