• Dr, anak saya umur 5 bulan selama 1 bulan terakhir saya selalu membersihkan telinganya dengan baby oil dan cotton bud tetapi kemaren waktu saya bersihkan dia menangis tidak karuan dan waktu saya lihat di cotton bud ada bercikan darah .Apakah itu bahaya dan mengganggu pendengaran? Apakah saya harus ke dokter anak? Terima kasi mohon segera dijawab

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kebiasaan membersihkan atau mengorek – ngorek telinga acap kali menimbulkan efek samping berupa iritasi pada liang telinga, bahkan hingga menimbulkan perdarahan pada telinga. Hal ini juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada telinga, baik telinga luar maupun telinga tengah, bahkan beberapa kasus juga dapat menyebar ke telinga dalam.

    Keluhan infeksi pada telinga seringkali menimbulkan rasa demam atau tidak enak badan, sakit kepala, kadang juga disertai rasa nyeri di telinga, penurunan pendengaran, keluar cairan dari liang telinga dan sebagainya. Jika keluhan menyebar hingga telinga dalam, maka kadang disertai keluhan berupa gangguan keseimbangan dan lain sebagainya. Ada baiknya anda memeriksakan anak anda secara langsung ke dokter spesialis telinga, hidung, tenggorokan (sp THT). Dokter akan memeriksa telinga anak anda dengan alat khusus sehingga bagian – bagian telinga dapat terlihat jelas serta dapat diketahui letak lesi jika memang ada. Diagnosis penyakit secara cepat dan tepat tentu akan membantu pemulihan keluhan anak anda.

    Perlu anda ingat untuk menghindari membersihkan telinga terlalu dalam dan terlalu sering. Karena kebiasaan mengorek telinga seringkali malah menimbulkan keluhan pada pasien. Jika ingin membersihkan telinga maka ada baiknya sehabis mandi (itu pun jangan terlalu sering), karena pada saat setelah mandi telinga dalam keadaan lembab atau bisa juga menggunakan pelumas khusus telinga. Hal ini dimaksudkan agar saat dibersihkan, telinga tidak dalam keadaan kering serta kotoran telinga dalam keadaan lembut sehingga meminimalisir kemungkinan terjadinya iritasi pada bagian- bagian telinga.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Telinga Bayi Berdarah

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.