• Assalamualaikum wr.wb

    Dok saya kan pada saat itu sedang mengkorek kuping saya pake katembat dan setelah katembatnya saya cabut dr dalam telinga saya ternyata di kapas katembatnya ada darah dan itu terjadi pada telinga sebelah kiri saja dan yang sebelah kanan tidak apa apa.. Mohon jawabanya dok itu terjadi karena apa ya dan berbahaya tidak jika terjadi seperti itu ?  Terimakasih sebelumnya dok ..

    Waalaikum salam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kebiasaan mengorek – ngorek telinga sering kali menimbulkan keluhan lain lagi bagi individu tersebut. Hal ini biasanya terjadi karena gesekan yang berulang – ulang pada liang telinga, apalagi jika kondisi liang telinga dalam keadaan kering, maka akan membuat kulit di liang telinga terluka dan berdarah. Apalagi pada dasarnya dinding telinga kita memang mudah sekali untuk berdarah. Kulit liang telinga yang terluka ini menjadi jalan masuknya kuman sehingga memudahkan untuk terjadinya infeksi. Infeksi yang terjadi akibat kebiasaan mengorek telinga sering kali terjadi pada telinga luar (otitis eksterna ), meskipun bisa juga terjadi pada telinga tengah (otitis media). Keluhan yang dirasakan biasanya berupa rasa nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, penurunan pendengaran dan lain sebagainya.  Namun untuk memastikan keluhan yang anda rasakan pada telinga adalah akibat infeksi telinga atau bukan maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter terutama dokter spesialis THT.

    Setelah dipastikan penyebab keluhan anda baru bisa ditentukan tatalaksana yang sesuai. Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan. Jika telah terjadi infeksi maka misalnya karena bakteri maka perlu antibiotik untuk membunuh semua bakteri yang berkembang. Oleh karena itu silakan konsultasi dengan dokter secara langsung agar bisa mendapat pengobatan yang tepat.

    Silakan baca link berikutL:

    Telinga Berdarah, Ada Apa Ini ?!

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telinga Berdarah Akibat Dikorek-korek

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.