• Asalamualaikum.. Dok, saya ingin bertanya mengenai penyakit yang saya alami saat ini. saya seorang pemuda yang aktif, sebelumnya saya sering kali saya mengalami penyumbatan kotoran dibagian telinga kanan saya, Dok. dan biasanya penyumbatan ini saya sembuhkan dengan meneteskan obat tetes Otopain, dan hasilnya penyumbatanpun hilang, Tetapi, di 2 minggu terkahir ini saya mengalami penyumbatan yang sama, dan saya mencoba kembali memberikan obat tetes telinga Otopain, hasilnya sangat mengkhawatirkan, Dok. Penyumbatan berhasil hilang, tetapi entah kenapa disetiap kali tidur keluar darah dari telinga saya, Dok. Dan anehnya juga pendarahan tidak disertai cairan kuning atau nanah. Dokter.. apa penyakit yang saya alamai ini benar” serius ? saya benar-benar mengharapkan bantuan bapak ?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Telinga merupakan salah satu organ yang berperan sebagai panca indra manusia. Jika terjadi gangguan pada telinga tentu menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatarian bagi individu yang mengalaminya. Ada beberapa gangguan telinga yang sering muncul antara lain penurunan pendengaran, nyeri telinga hingga keluarnya darah dari telinga. Pada kasus yang anda alami berupa keluhan telinga yang mengeluarkan darah bisa  disebabkan oleh beberapa hal antara lain karena:

    • Infeksi pada telinga baik pada telinga luar hingga telinga dalam, misalnya karena otitis media yang menyebabkan pecahnya membran timpani (gendang telinga), infeksi pada tulang – tulang telinga (mastoiditis), dan lain sebagainya. Infeksi telinga yang menyebabkan timbulnya komplikasi peradangan pada selaput otak (meningitis) juga bisa menyebabkan keluhan keluar darah dari telinga.
    • Adanya benturan atau trauma kepala yang disertai pecahnya gendang telinga
    • Infeksi telinga dengan komplikasi meningitis (radang selaput otak)
    • Trauma telinga seperti tamparan keras, benda asing yang dimasukkan ke telinga dll
    • Adanya tumor atau keganasan (kanker) telinga
    • Penyebab lainnya

    Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan. Oleh karena itu silakan konsultasi dengan dokter secara langsung agar bisa dilakukan pemeriksaan secara detail guna menegakkan diagnosis penyebab keluhan anda sehingga bisa mendapat pengobatan yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    dr. Dina Tri Amalia tolong bales juga pertanyaan saya ( Fadhil ) mengenai scabies
    doktersaya anak baru disini saya mau tanya nih sayaama keluarga saya hampir setahun menderita scabies walaupun tidak terlalu parah. meskipun demikian kami sangat mengeluh dan ingin segera sembuh dok berbagai macam obat telah dimakan mulai dari obat makan dan seperti krim krim scabies scabicid dan scabimit hampir tiap minggu kami membelinya . rumah punsudah kamu sapu bersi baju selalu di cuci air panas dan kain sprei selalu kami jemur setiaphari serta alas tempat tidur juga dijemur. namun penyakitnya tidak juga segera sembuh kira kira apa ya dok solusinya yang terbaik.. tubuh kami sudah gemuk beda dari biasanya dan air selera tidak normal lagi mohon solusinya dok…

Beranda Tanya Dokter Telinga Berdarah Tanpa Nanah

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.