• Assalamualaikum dok, maaf saya mau tanya sekitar 4hari ini telinga saya terus berdenging dan merasa seperti tersumbat, agak sedikit sakit juga tetapi tidak mengganggu sakitnya.. telinga saya seperti merasa tertutup.. lalu saya coba bersihkan dengan coton bud cairannya berupa cairan kuning.. itu kenapa ya dok? Apakah suatu masalah serius? Apa bisa di obati? Mohon sekali penjelasannya.. terima kasih sebelumnya wassalamualaikum

    Waalaikumsalam Hanifa, Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com

    Telinga berdenging yang disertai dengan adanya cairan kuning dan rasa sakit Ada kemungkinan bahwa pada liang telinga terjadi proses inflamasi atau peradangan.

    Peradangan bisa disebabkan oleh bakteri jamur ataupun mikroorganisme yang lain hal ini lebih dimungkinkan apabila gendang telinga mengalami kebocoran sehingga pendengaran juga ikut terganggu. Coba perhatikan riwayat penyakit dahulu Apakah anda pernah mengalami penyakit pada telinga sehingga telinga terus-menerus mengeluarkan cairan yang berwarna kuning? Jika anda tidak mengetahuinya mungkin bisa bertanya kepada orang tua sewaktu Anda masih kecil Apakah pernah mengalaminya? Karena hal ini bisa berhubungan dengan kondisi yang sekarang.

    Kemungkinan lain penyebab telinga berdenging seperti itu bisa disebabkan oleh penumpukan kotoran pada telinga, hal ini juga menimbulkan gangguan pendengaran.

    Jadi kesimpulannya adalah Kami tidak dapat menentukan dengan pasti Apa penyebabnya tanpa melakukan pemeriksaan secara langsung. Oleh sebab itu kami anjurkan anda untuk melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat agar dapat dilakukan pemeriksaan pada telinga Anda. Jika berkenan lebih baik lagi jika diperiksakan ke dokter spesialis THT.

    Untuk sementara ini hindari mengorek-ngorek telinga ataupun memasukkan air kedalam telinga.

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu yaa.

Beranda Tanya Dokter Telinga Berdenging Disertai Cairan Kuning

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.