• Dok saya mau tanya, kan telinga saya kemaren sakit, lalu periksa katanya bengkak, terus dikasih obat tetes sama pil untuk diminumnya, tapi setelah ditetesin dan minum obat, memang rasa nyerinya hilang, tapi kok telinganya jadi berdengung dan pendengarannya kurang ? Tolong jawabannya dan Trimakasih jwabannya

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Infeksi pada telinga bisa menyerang telinga luar, tengah hingga dalam. Keluhan yang muncul juga berbeda tergantung progresifitas infeksi, terapi yang sudah diberikan, kuman yang menyerang dan lain sebagainya. Keluhan telinga berdengung dan pendengaran berkurang  yang anda alami bisa saja terjadi karena perjalanan dari penyakit itu sendiri. Pada kasus – kasus infeksi telinga dimana kuman sangat kuat berkembang dan menginfeksi maka kadang tidak mempan dengan obat yang diberikan sehingga kuman tetap tumbuh dan menginfeksi. Hal ini menyebabkan penyakit terus berkembang. Misalnya saja pada kasus infeksi telinga tengah atau disebut otitis media akut, ada beberapa tahapan yang terjadi pada kasus ini. Mula – mula telinga akan kemerahan dan meradang dan menyebabkan keluhan demam dan nyeri yang cukup kuat, lalu setelah penyakit berlanjut maka akan beralih ke tahap supurasi dimana nanah mulai muncul. Pada tahap ini rasa nyeri masih dominan terjadi. Kemudian akan beralih ke tahap perforasi dimana gendang telinga akan pecah. Pada tahapan ini rasa nyeri dan demam akan berkurang, namun pasien merasa pendengaran menurun dan juga bisa disertai telinga berdenging. Hal ini bisa terjadi karena kuman yang memiliki daya virulensi yang sangat tinggi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan kembali ke dokter spesialis THT agar bisa diketahui apakah yang anda alami adalah hal normal atau karena penyakit infeksi yang terus berlanjut. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada telinga untuk memastikan penyebabnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telinga Berdengung Akibat Pembengkakan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.