• dok, telinga saya berdengung tapi seperti suara musik gitu dok. ini kenapa ya? Solusinya gimana dok? Terima Kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Telinga berdengung atau disebut juga tinitus dalam istilah kedokteran merupakan persepsi berisik atau terdengar bunyi atau suara pada telinga. Tinitus bisa disebabkan berbagai macam penyebab, misalnya karena penurunan pendengaran, trauma pada telinga, ataupun karena penyakit sistem sirkulasi.

    Tinitus sendiri dibagi menjadi dua yaitu tinitus objektif dan tinitus subjektif. Tinitus subjektif merupakan terdengar suara pada telinga yang hanya didengar oleh pasien itu sendiri. Sedangkan tuli objektif merupakan terdengarnya suara pada telinga yang bisa didengar oleh dokter saat melakukan pemeriksaan pada pasien.

    Beberapa penyakit ada yang menyebabkan keluhan tinitus. Namun banyak kasus tinitus yang tidak jelas penyebabnya. Penyebab tersering tinitus adalah tuli atau penurunan pendengaran, tersumbatnya telinga akibat serumen atau kotoran telinga, perubahan pada tulang telinga dan paparan terhadap suara yang keras. Penyebab lainnya yang jarang antara lain penyakit meniere, trauma di leher, neuroma akustik (tumor yang menyebar dari otak ke telinga), dan lain sebagainya.

    Jika keluhan telinga berdengung makin sering maka segeralah periksakan diri ke dokter. Karena terapi yang diberikan juga tergantung penyebab keluhan tinitus tersebut.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Telinga Berdengung seperti Suara Musik

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.