• dok saya mau tanya kenapa telinga terusterusan berdengung. Gamau hilang terus bunyi terus terdengar ditelinga dalam. Solusinya gimana ya dok?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan telinga berdenging atau dalam istilah kedokteran disebut juga dengan tinitus merupakan salah satu keluhan yang sering disampaikan pasien terkait masalah di telinga. Keluhan tinitus bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, umumnya walaupun bukan karena masalah yang serius namun keluhan ini sangat membuat rasa tidak nyaman bagi seseorang yang mengalaminya.

    Tinitus sendiri sebenarnya dibagi menjadi dua macam yaitu antara lain:

    • Tinitus subjektif yaitu tinitus yang hanya didengar sendiri oleh individu yang mengalaminya. Biasanya terjadi akibat gangguan di telinga pasien, baik telinga luar, telinga tengah, maupun telinga dalam. Tinitus ini bisa disebabkan karena gangguan di saraf auditorik, ataupun karena gangguan di bagian otak yang menginterpretasikan sinyal suara.
    • Tinitus objektif yaitu tinitus yang didengar ketika dokter melakukan pemeriksaan fisik kepada pasien. Tinitus ini biasanya disebabkan karena masalah di pembuluh darah, gangguan pada tulang di telinga tengah ataupun karena kontraksi otot. Tinitus objektif lebih jarang terjadi.

    Secara umum penyebab tinitus sendiri yang paling sering bisa akibat infeksi di telinga, penyakit meniere, penurunan pendengaran akibat usia tua (tuli konduktif), akibat paparan dengan suara yang sangat keras, sumbatan serumen (kotoran telinga) ataupun karena perubahan pada tulang telinga misal karena otosklerosis.

    Karena banyaknya kemungkinan penyebab tinitus ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik pada telinga anda sehingga dapat diketahui diagnosis pastinya serta dapat terapi yang tepat.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telinga Berdengung Terus Menerus

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.