• dok infeksi telinga itu apa bisa berpindah ke telinga satunya? soalnya telinga kanan saya kan habis kena infeksi telinga, terus sekarang telinga kiri saya terasa gatal sekali dan agak seperti teetutup jg

    terima kasih

    Selamat Sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Infeksi telinga di salah satu sisi memang bisa berpindah ke sisi lainnya, karena saluran telinga kanan dan kiri saling berhubungan. Hal ini bisa diakibatkan karena terapi yang diberikan sebelumnya belum cukup adekuat, akibat pertumbuhan kuman yang terlalu kuat, riwayat alergi, infeksi saluran napas berulang ataupun karena kebiasaan pasien sendiri yang sering mengorek – ngorek telinga dan lain sebagainya.

    Namun untuk memastikan apakah telinga anda di sisi sebelahnya mengalami infeksi juga atau karena sebab lain memang perlu dilakukan pemeriksaan fisik oleh dokter. Silakan dilakukan pengecekan ulang ke dokter sehingga bisa tegak diagnosis pastinya serta mendapat penanganan yang cepat dan tepat jika memang dibutuhkan.

    Sebagai informasi kembali untuk anda, infeksi telinga bisa disebabkan karena bakteri, virus, jamur ataupun sebab lainnya. Serta bisa juga terjadi pada telinga luar, tengah ataupun telinga dalam. Sehingga pengobatan yang diberikan pun tentu sangat berbeda tergantung letak kelainannya dan penyebab penyakitnya. Pengobatan yang tidak tepat justru akan memperberat keluhan penyakit tersebut. Ada beberapa obat yag bisa diberikan untuk mengatasi penyakit telinga, mulai dari pengobatan kausatif untuk mengatasi penyebab (antibiotik hingga antijamur) serta obat simptomatik untuk mengurangi gejala, misal dekongestan, obat anti histamin dan lain sebagainya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telinga Gatal dan Sedikit Tersumbat

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.