• Selamat siang dok

    saya mau tanya telinga kanan saya bunyi denging terus menerus awalnya saya pernah sakit gigi bawah bagian kanan paling belakang gigi saya bolong , sudah saya lakukan pengobatan dan kemudian di tambal, sebelon gigi bolong telinga kanan tidak berdenging, saya sempat periksa ke dokter tht menurut dokter kondisi telinga kanan dan kiri bersih, dan tidak ada hubungan dengan gigi tersebut ,kemudian dokter anjurkan untuk di Rontgen , analisa dokter ada multi sinus dan dokter sarankan untuk oprasi, yg saya mau tanyakan sbb:

    1. Mungkinkah  dilakukan pengobatan dengan cara lain utuk telinga berdengin
    2. jika oprasi multi sinus apakan dilakukan pembedahan atau hanya dilakukan pembersihan melalui lobang hidung saja untuk mengeluarkan lendir tersebut. ( saat ini kondisi normal dan sangat jarang sekali pilek atau terkena hidung ingusan) kondisi hidung kering
    3. apa sebaiknya gigi yg pernah bolong saya cabut saja
    4. daun telinga kanan agak sakit dan sedikit ada pembengkakan  ( sebelom ada sedikit pembengkakan pada daun teliga , kondisi telinga sudah berdenging )

    saya ucapkan terima kasih dan mohon penjelasan dokter.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Telinga berdenging dalam bahasa kedokteran disebut juga dengan tinitus. Penyebab keluhan ini sangat beraneka ragam antara lain:

    1. Akibat usia tua (biasanya usia 60tahun ke atas)
    2. Terpapar bunyi yang sangat keras
    3. Sumbatan kotoran telinga/serumen
    4. Perubahan tulang telinga : kekakuan tulang telinga tengah (otosklesrosis) bisa menyebabkan gangguan pendengaran dan tinitus
    5. Penyakit meniere, akibat gangguan telinga dalam akibat tekanan cairan di telinga dalam yang abnormal
    6. Obat-obatan, misal: antibiotik, obat kanker, aspirin, dll
    7. Akibat infeksi misal sinusitis atau peradangan pada rongga sinus.
    8. Penyebab lainnya

    Sinusitis sendiri merupakan infeksi pada rongga sinus yang menimbulkan keluhan berupa demam, nyeri pada wajah (misal pipi, dahi, sekitar mata, belakang hidung) tergantung dimana posisi sinus yang mengalami peradangan dan infeksi. Keluhan lain yang muncul berupa keluarnya lendir atau ingus, sakit kepala, dan masih banyak lagi. Pengobatan sinusitis ada beberapa hal. Jika memang penumpukan sekret di rongga sinus tidak terlalu banyak maka bisa dengan terapi medikamentosa atau obat – obatan misal antibiotik untuk mengatasi bakteri penyebab, obat penghilang nyeri, obat anti histamin untuk mengurangi pengeluaran sekret dan lain sebagainya. Namun jika sekret sudah memenuhi rongga sinus maka perlu dilakukan tindakan operatif. Silakan konsultasi dengan dokter yang memeriksa anda untuk menentukan tindakan operasi apa yang akan dikerjakan karena ada beberapa tindakan operasi yang bisa dilakukan untuk pasien sinusitis.
    Gigi berlubang bisa ditambal atau bisa juga dicabut tergantung tingkat keparahan lubang yang ada serta vital tidaknya persarafan dan jaringan di sekitarnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Telinga Kanan Berdeging Terus Menerus

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.