• Hai dok .. saya mau bertanya, kemaren saya mandi lalu  kemasukkan air saya coba masukkan air lagi tidak bisa juga dan akhirnya saya menggunakan obat tetes telinga.. tapi setelah itu tidak sembuh juga . Jadi sekarang masih berdengung seperti ada yg tersumbat dok . Mohon bantuan dok apa saya harus ke rumah sakit .

    Selamt malam wiwie praptiwi, Terima kasih atas pertanyaannya di mediskus.com

    Telinga yang terasa tersumbat dan berdengung setelah kemasukan air menandakan bahwa di dalam telinga terdapat banyak kotoran. Seperti kertas yang kering ketika kotoran itu terkena oleh air maka dia juga akan mengembang sebagai akibatnya bisa memenuhi liang telinga sehingga muncullah gejala telinga berdengung atau terasa tersumbat.

    Namun ini sebatas dugaan dari kami, Untuk mengetahui dengan pasti maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Jika ingin lebih memuaskan lagi periksalah ke dokter spesialis THT.

    Dokter akan melihat langsung liang telinga Anda dengan menggunakan alat khusus berupa otoskop. Dari sini akan diketahui kondisi liang telinga sampai gendang telinga.

    Apabila terbukti adanya kotoran pada liang telinga, maka dokter akan membersihkannya baik menggunakan alat yang seperti sendok kecil atau menggunakan suction (penyedot).

    Kemudian Anda akan dianjurkan untuk tidak mengorek-orek telinga dan harus menjaga agar telinga jangan kemasukan air. Mungkin juga dokter akan meresepkan obat tetes telinga atau obat minum untuk meredakan rasa sakit dan infeksi apabila itu terjadi.

    Cukup sekian jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Telinga Kemasukkan Air Sehingga Berdengung

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.