• Selamat siang Dok, saya sintia umur 24 tahun, 3 hari yang lalu saya berkunjung ke poly THT di salah satu RS Swasta, keluhan saya adalah telinga kanan terasa sakit seperti ditusuk-tusuk.

    Setelah dokter THT memeriksa saya, ternyata kuping saya tersebut penuh dengan kotoran yang mengeras, dan dilakukan tindakan untuk mengambil kotorannya, sesaat sebelum dokter tersebut melakukan tindakan, beliau sempat bilang “jika ga kuat bilang ya biar kita pending”

    Baru dua kali alatnya masuk ke telinga saya, saya sdh ga kuat dan minta pending, kata dokternya kotorannya terlalu keras dan susah di ambil. Akhirnya dokter memberi resep obat kepada saya Mefinal 500 (sepertinya penghilang nyeri) dan obat tetes telinga Forumen yg diteteskan sehari sebanyak 6x per 3 tetes. Setelah itu saya disuruh kontrol lagi seminggu kemudian.

     

    Singkat cerita setelah dilakukan tindakan seperti itu telinga saya hingga saat ini (sdh 3 hari semenjak dr RS) masih saja sakit (nyeri) dan terkadang sakitnya membuat tenggorokan saya sakit dan badan saya panas sejenak. Dan di hari ke 3 ini saya sdh ga berani memakai obat tetes telinga tersebut karena sakitnya tidak kunjung hilang.

     

    Pertanyaan saya, apa keluhan saya ini termasuk peradangan dalam telinga dok? Dan saya harus mengkonsumsi apa untuk menghilangkan rasa sakit ini yang sangat menggangu.

     

    Terima kasih.

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Serumen atau kotoran telinga yang menyumbat dan tidak bisa dikeluarkan memang sering menimbulkan keluhan. Apalagi jika pasien sering kali mengorek – orek telinga maka liang telinga bisa luka dan menimbulkan infeksi. Terkadang infeksi tidak hanya terjadi pada telinga luar saja namun juga terjadi pada telinga tengah. Penyebab infeksi ada beberapa macam misalnya karena bakteri, virus, jamur ataupun mikroorganisme lainnya. Namun bakteri memang penyebab tersering keluhan ini.

    Infeksi pada telinga luar (otitis eksterna ) dan infeksi pada telinga tengah (otitis media) merupakan infeksi telinga yang paling sering terjadi. Keluhan yang dirasakan mulai dari nyeri telinga, keluar cairan dari telinga, penurunan pendengaran dan lain sebagainya.  Namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung pada telinga anda. Oleh karena itu silakan anda periksakan kembali kondisi telinga anda ke dokter terutama spesialis THT.

    Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan. Jika memang benar karena infeksi dan disebabkan karena infeksi bakteri maka perlu antibiotik untuk membunuh semua bakteri yang berkembang. Jika karena jamur maka perlu diberikan anti jamur. Namun obat – obatan lainnya unutk mengatasi keluhan juga bisa diberikan, seperti obat penghilang nyeri dan peradangan dsb. Perlu pengobatan yang tepat dan adekuat agar kuman penyebab bisa hilang. Oleh karena itu silakan konsultasi dengan dokter secara langsung agar bisa mendapat pengobatan yang tepat.

    Silakan baca artikel terkait keluhan anda berikut:

    Otitis Media Akut : Gejala, Penyebab, Penatalaksanaan

    4 Macam Penyakit Telinga yang Umum Terjadi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telinga Sakit Karena Radang, Bagaimana Mengatasinya?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.