• Halo dokter…

    Singkat saja. Hari minggu saya merasa sensasi telinga kanan saya seperti kemasukan air dan pendengaran seperti tersumbat dan keluar cairan kuning bening tidak bau. Paginya saya ke THT n air diambil, kta dktr gendang sya aman, cmn iritasi saluran telinga. Trs dksi obat lame***, spor***, rhin***. Hri ke 3 cairan uda gkda tpi knp tlinga msh spt penuh kya ada yg menyumbat.

    Urgent, mhon di bls. Tks

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Infeksi pada telinga ada banyak jenisnya bisa terjadi pada telinga luar hingga telinga dalam. Pada kasus anda kemungkinan terjadi pada telinga luar hingga tengah. Penyebab tersering karena infeksi bakteri meskipun kuman lain juga bisa menjadi penyebab dan kadang menyerang secara bersamaan. Infeksi telinga gampang – gampang susah untuk diobati, perlu waktu untuk menghilangkan kuman secara total.

    Gejala yang muncul akibat infeksi telinga baik telinga luar ataupun tengah antara lain berupa nyeri telinga, kadang disertai keluar cairan dari liang telinga , pendengaran bisa berkurang, gatal pada telinga, liang telinga menjadi kemerahan (eritema) dan juga bengkak serta bisa juga disertai demam dan sakit kepala. Jika infeksi menyerang telinga tengah bisa menyebabkan gendang telinga juga ikut meradang bahkan hingga berlubang.

    Jka anda sudah memeriksakan kondisi telinga anda ke dokter terutama dokter spesialis THT  maka anda tak perlu terlalu khawatir. Cukup anda mengikuti instruksi untuk mengkonsumsi obat – obat yang diberikan secara teratur. Namun jika obat minum habis namun keluhan masih belum membaik maka anda perlu berkonsultasi ulang ke dokter agar dicek kembali sejauh apa perbaikan dari bagian telinga yang terinfeksi. Jika kuman memiliki daya infeksi yang cukup tinggi perlu diberikan obat lain yang lebih kuat atau dengan menambah durasi pengobatan. Anda juga perlu menjaga daya tahan tubuh anda dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi dalam jumlah cukup misal sayur, buah, telur, ikan dan lain sebagainya. Pemberian suplemen juga kadang dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga mempercepat penyembuhan penyakit.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Selamat pagi dr Dina

    Trima ksih sblumnya ats jawabannya.

    Sya mhon second opinion docter. Kmrn sya ke tht lgi, stlah dicek telingan n tenggorokan si dktr ksi ksimpulan klo gendang sya ketarik ke dalam krn saluran antar tlinga n hidung tdk buka nutup lancar. Yg mna diakibatkan peradangan tggroka. Jdi klo sya lakukan valsava trasa plong sbntr tpi stlh itu spt trtutup lgi. Trs dksi rhinos, antibiotik dan obt mriang. Mhon pnjelasan dri dktr diana., itu bsa sembuh apa permanen dok?. Suwun sebelumnya

Beranda Tanya Dokter Telinga seperti Penuh dan Tersumbat

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.